BPBD Kabupaten Tasik Catat 24 Titik Kejadian Bencana, Ini Saran Hindari Bencana

- Selasa, 14 September 2021 | 13:55 WIB
Penanganan longsor di Kabupaten Tasikmalaya. (Irpan Wahab Muslim)
Penanganan longsor di Kabupaten Tasikmalaya. (Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya mencatat, ada 24 titik bencana di Kabupaten Tasikmalaya, Senin, 13 September 2021. Bencana itu, di antaranya banjir dan longsor.

24 titik itu tersebar di lima kecamatan, yakni Kecamatan Cipatujah, Karangnunggal, Cibalong, Bantarkalong dan Culamega. 17 titik terjadi bencana longsor, 5 titik bencana banjir dan 2 bencana pergerakan tanah.

"Alhamdulilah, longsor sudah bisa ditangani dengan baik, banjir sudah mulai surut. Tapi ada dua yang masih ditangani," ucap Kabid Darlog BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Irwan.

Ditambahkan Irwan, tinggal dua ruas jalan lagi, yakni jalan Desa Toblongan Kecamatan Cipatujah yang masih butuh penanganan karena ruas jalan terbawa arus longsor. "Satu lagi ruas jalan Cikuya Kecamatan Culamega itu butuh penanganan lebih lanjut. Kita sudah koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum," ujar Irwan.

Baca Juga: Tiga Hari Diguyur Hujan, Banjir dan Longsor Landa Tasikmalaya Selatan

Untuk meminimalisir kerugian bencana pergerakan tanah dan longsor, BPBD Kabupaten Tasikmalaya menyarankan beberapa langkah yang bisa diikuti. Langkah tersebut yakni merencanakan pengembangan sistem peringatan dini di daerah rawan bencana, penyebarluasan informasi bencana gerakan kepada masyarakat dengan berbagai media.

Upaya selanjutnya, hindari melakukan penggalian pada daerah bawah lereng terjal yang akan menggangu kestabilan lereng sehingga mudah longsor, hindari membuat percetakan sawah baru atau kolam pada lereng yang terjal yang akan mengakibatkan tanah mudah bergerak.

Selanjutnya, hindari bermukim atau mendirikan bangunan di tepi lembah sungai terjal dan membudidayakan tanaman pertanian dan perkebunan yang sesuai dengan asas pelestarian lingkungan dan kestabilan lereng.

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

Ibu Kota Kabupaten Tasikmalaya Butuh Sentuhan

Jumat, 24 September 2021 | 17:46 WIB

Volume Sampah Kabupaten Tasik Capai 900 Ton Setiap Hari

Jumat, 24 September 2021 | 14:23 WIB

Tata Cara Salat Dhuha dan Doa Setelahnya

Jumat, 24 September 2021 | 11:05 WIB

Buang Sampah Sembarangan di Tasikmalaya Bakal Kena Denda

Kamis, 23 September 2021 | 16:34 WIB

Dari Paniis Tasikmalaya, Kerajinan Bambu Tembus ke Eropa

Kamis, 23 September 2021 | 14:12 WIB
X