11 Manfaat ASI yang Baik untuk Kesehatan Bayi dan Ibu Menyusui

- Selasa, 14 September 2021 | 14:18 WIB
Ilustrasi ibu menyusui. (alodokter.com)
Ilustrasi ibu menyusui. (alodokter.com)

BUNGURSARI, AYOTASIK.COM -- Air susu ibu (ASI) memiliki kandungan yang memiliki manfaat luar biasa untuk bayI. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ASI merupakan sumber nutrisi paling ideal dan makanan terbaik untuk bayi sejak dini.

Bayi disarankan mendapatkan ASI secara eksklusif minimal 6 bulan pertama sejak dilahirkan. Setelah itu, baru bisa diberi makanan pendamping ASI (MPASI) hingga mencapai usia 2 tahun. “Ya pastinya yang paling baik, yang paling bagus, yang paling paripurna, ya air susu ibu buat bayi itu,” ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dr. Asep Hendra Hendriana, Selasa, 14 September 2021.

Dikatakan Asep, ASI memilki segala kebutuhan asupan gizi yang dibutuhkan oleh bayi. ASI mengandung karbohidrat, vitamin, lemak, protein, kekebalan tubuh dari ibunya, dan kandungan lainnya. “Kecerdasan intelektual itu bisa didapatkan dari kandungan yang berasal dari ASI. Hubungan emosional bayi dengan ibu juga akan terbangun dan terjalin dengan baik melalui proses menyusui,” ucapnya.

ASI sangat disarankan untuk diberikan kepada bayi baru lahir karena memiliki banyak manfaatnya. Meski tidak secara spesifik bahwa ASI bisa mencegah suatu penyakit, ASI dapat memberikan perlindungan bagi bayi terhadap berbagai infeksi dan meminimalisir risiko masalah kesehatan tertentu di kemudian hari, seperti diabetes, obesitas, dan asma. “ASI sangat dibutuhkan untuk fase tumbuh kembang bayi,” kata dia.

Manfaat ASI untuk kesehatan bayi dan ibu menyusui

ASI tidak hanya bermanfaat untuk bayi, tapi memiliki manfaat juga untuk si ibu. Berikut ini manfaat ASI untuk bayi dan ibu yang dilansir dari hellosehat.

1. Mengandung zat gizi penting bagi bayi
Kandungan zat gizi ASI meliputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, hingga mineral. Air susu ibu atau ASI yang pertama kali diberikan kepada bayi bernama kolostrum. Kolostrum adalah cairan ASI yang keluar paling awal di beberapa hari pertama sejak Anda melahirkan. Berbeda dengan warna ASI yang putih seperti susu pada umumnya, warna cairan kolostrum tidaklah demikian.

2. Memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi bayi
ASI merupakan makanan terbaik pertama untuk bayi. Pemberian ASI pertama saat bayi baru lahir disebut dengan inisiasi menyusui dini (IMD). Meski ada beragam mitos ibu menyusui dan tantangan menyusui, pemberian ASI sebaiknya tidak terlewatkan. Bahkan, ketika Anda mengalami masalah ibu menyusui, dokter biasanya akan memberikan penanganan sekaligus obat yang aman untuk ibu menyusui.

Manfaat ASI telah mencukupi semua kebutuhan energi dan zat gizi yang diperlukan bagi bayi selama masa awal kehidupan hingga berusia 6 bulan. Dengan begitu, sebenarnya pemberian selain ASI seperti susu formula, minuman, maupun makanan tambahan sebelum usia 6 bulan belum diperlukan.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

Ibu Kota Kabupaten Tasikmalaya Butuh Sentuhan

Jumat, 24 September 2021 | 17:46 WIB

Volume Sampah Kabupaten Tasik Capai 900 Ton Setiap Hari

Jumat, 24 September 2021 | 14:23 WIB

Tata Cara Salat Dhuha dan Doa Setelahnya

Jumat, 24 September 2021 | 11:05 WIB

Buang Sampah Sembarangan di Tasikmalaya Bakal Kena Denda

Kamis, 23 September 2021 | 16:34 WIB

Dari Paniis Tasikmalaya, Kerajinan Bambu Tembus ke Eropa

Kamis, 23 September 2021 | 14:12 WIB
X