Bubur Ayam Zenal Tasikmalaya. Topingnya Meluber. Harganya Rp35 Ribu, tapi Tetap Diserbu Pembeli!

- Selasa, 14 September 2021 | 15:36 WIB
Bubur Ayam H. Zenal. (AyoTasik.com/Heru Rukanda)
Bubur Ayam H. Zenal. (AyoTasik.com/Heru Rukanda)

TAWANG, AYOTASIK.COM -- Selain sebagai “Kota Santri”, Kota Tasikmalaya juga kerap disebut sebagai pusatnya kuliner. Salah satu kuliner yang menjadi legenda di Kota Tasikmalaya adalah Bubur Ayam Zenal.

Bubur Ayam Zenal yang berada di Jalan Ikik Wiradikarya Kelurahan Tawangsari, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya ini berdiri sejak tahun 1969. Bubur Ayam Zenal yang merupakan hasil racikan H Zenal ini tidak berbeda jauh dengan bubur ayam lainnya, tapi yang membedakannya adalah teksturnya yang tidak terlalu kental.

Rasanya yang nikmat, gurih, serta lembut dengan toping suwir daging ayam, ati ampela, cakwe, dan irisan bawang daun bawang goreng membuat selera makan semakin bertambah. Toping bubur pun hampir memenuhi setengah dari mangkuknya.                                                               

Kendati tempatnya berada di dalam sebuah gang sekira 20 meter dari Jalan Ikik Wiradikarya, bubur legendaris ini selalu ramai didatangi oleh para pelanggannya. Bahkan sebagian pembeli harus rela antre untuk mendapatkan bubur legend Kota Tasikmalaya ini.

Salah seorang pembeli, Denden (27) warga Purbaratu, Kota Tasikmalaya harus rela antre lebih kurang 30 menit untuk mendapatkan satu mangkuk Bubur Ayam Zenal. “Antre nih, Kang, banyak yang beli meski harganya mahal Rp35.000 untuk satu porsi dan Rp25.000 untuk setengah porsi,” ujar Denden.

Menurutnya, harga bubur yang mahal dibandingkan dengan bubur lainnya tidak menjadi masalah karena memang rasanya sangat enak, gurih, dan nikmat. “Rasanya pas di lidah dan bisa mengenyangkan perut,” ucapnya.

Saking melegendanya Bubur Ayam Zenal ini, sejumlah artis Ibu Kota seperti Tora Sudiro, Ananda Omesh, bahkan mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono berserta keluarga pernah mencicipi lezatnya Bubur Ayam Zenal Kota Tasikmalaya.

Editor: Dudung Ridwan

Sumber: ayotasik.com

Tags

Terkini

Sastra Sunda: MAPAG UDAT-UDAT BALEBAT

Rabu, 15 September 2021 | 11:53 WIB

Cerita Pendek: TATAPAN MATA

Selasa, 31 Agustus 2021 | 12:17 WIB

4 Kerajinan Khas Kota Tasikmalaya

Jumat, 13 Agustus 2021 | 20:20 WIB
X