Pemkab Tasikmalaya Bahas Rencana Kawasan Perumahan dan Permukiman

- Selasa, 14 September 2021 | 19:41 WIB
Pembahasan Rencana Kawasan Perumahan dan Permukiman di Kabupaten Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)
Pembahasan Rencana Kawasan Perumahan dan Permukiman di Kabupaten Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM - Seiring bertambahnya jumlah penduduk, kebutuhan akan pembangunan dan pengembangan perumahan di Kabupaten Tasikmalaya terus meningkat. Namun, hingga kini belum memiliki dokumen rencana pembangunan dan pengembangan perumahan.

Padahal hal itu sangat penting, sebagai penjabaran dari Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) agar lebih aplikatif dan implementatif.

Atas dasad itu, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melalui Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang Perumahan dan Permukiman (DPUTRPP) Kabupaten Tasikmalaya, melaksanakan kegiatan Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (RP3KP).

"Salah satunya kita mulai dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD) ini dengan melibatkan seluruh SKPD terkait, tenaga ahli, pemerintah kecamatan hingga pemerintah desa, baik secara tatap muka maupun zoom metting," kata Kasi Perencanakan Teknis dan Pengendalian Perumahan pada Dinas PUTRPP Kabupaten Tasikmalaya, Adi Abdullah Umar, Selasa 14 September 2021.

Ditambahkan Adi, seharusnya langkah ini sudah dilakukan beberapa tahun lalu, namun karena beberapa kendala baru bisa terlaksana saat ini. Meski demikian, Adi berharap, kegiatan yang dilakukan di Aula Wiradadaha kantor Bappeda Kabupaten Tasikmalaya tersebut, bisa menghasilkan rencana yang lebih aplikatif dan implementif.

Tentunya, dikatakan Adi, guna memacu terwujudnya keterpaduan antara pembangunan dan pengembangan perumahan dan kawasan permukiman beserta prasarana, sarana dan utilitas umum (PSU). Serta dapat merefleksikan aspirasi masyarakat dalam pembangunan perumahan dan kawasan permukiman. Sehingga tercipta kemanan, kenyamanan dan layak huni.

"LP3KP ini basis akhirnya merupakan data. Dengan mengumpulkan semua data menjadi satu buku propil, lalu membuat buku rencana. Buku rencana ini akan menjadi gambaran kita kedepan agar pembangunan lebih terarah," ujar Adi.

Sementara itu, Kepala Bidang Perumahan pada Dinas PUTRPP Kabupaten Tasikmalaya, Ruslan Munawar, menambahkan, dokumen RP3KP ini nantinya menyediakan konsep.

Dimana perumahan mengacu pada Permen-PU, yakni persyaratan dari tata guna tanah, kesusuaian lahan dan ruangnya. Kemudian dari unsur pembangunannya. Karena ada perumahan yang bersipat umum dan perumahan bersipat komersil seperti Perum.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Ibu Kota Kabupaten Tasikmalaya Butuh Sentuhan

Jumat, 24 September 2021 | 17:46 WIB

Volume Sampah Kabupaten Tasik Capai 900 Ton Setiap Hari

Jumat, 24 September 2021 | 14:23 WIB

Tata Cara Salat Dhuha dan Doa Setelahnya

Jumat, 24 September 2021 | 11:05 WIB

Buang Sampah Sembarangan di Tasikmalaya Bakal Kena Denda

Kamis, 23 September 2021 | 16:34 WIB

Dari Paniis Tasikmalaya, Kerajinan Bambu Tembus ke Eropa

Kamis, 23 September 2021 | 14:12 WIB
X