Cuaca Buruk, Banjir dan Gempa Landa Tasikmalaya

- Selasa, 14 September 2021 | 20:26 WIB
Kasatpol Air Polres Tasikmalaya Iptu Sujarmanto bersama anggota mengingatkan nelayan untuk berhati-hati saat melaut lantaran situasi cuaca sedang buruk dan berpotensi terjadinya bencana. (Ayotasik.com/Ist)
Kasatpol Air Polres Tasikmalaya Iptu Sujarmanto bersama anggota mengingatkan nelayan untuk berhati-hati saat melaut lantaran situasi cuaca sedang buruk dan berpotensi terjadinya bencana. (Ayotasik.com/Ist)

CIPATUJAH, AYOTASIK.COM -- Cuaca buruk kini sedang melanda Tasikmalaya. Dalam sepekan terakhir ini, hujan turun terus mengguyur dengan intensitas ringan maupun sedang di Tasikmalaya. Dengan situasi cuaca saat ini, masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana yang mungkin bisa terjadi kapan saja.

Seperti halnya bencana banjir yang terjadi kemarin, Senin, 13 September 2021 di wilayah Karang Nunggal dan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya. Sore ini, Selasa, 14 September 2021, Tasikmalaya pun diguncang gempa Magnitudo 4,4 yang berada di kedalaman 16 kilometer BaratDaya Kabupaten Tasikmalaya atau yang berpusat di 8.11 LS – 107.89 BT 58 km BaratDaya Kabupaten Tasikmalaya.

Berdasarkan BMKG, gempa Magnitudo 4,4 yang terjadi sekira pukul 16.08 WIB cukup besar dirasakan warga Cipatujah. Namun, gempa tersebut tidak berpotensi terjadinya tsunami. Gempa dipicu akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia menunjam menelusup ke bawah Lempeng Eurasia.

Warga pesisir Pantai Cipatujah pun khawatir terjadi gempa susulan, seperti yang diungkapkan Aceng Wiandi (37). Ia mengaku waswas jiga merasakan gempa meskipun dengan Magnitudo kecil.

“Saya khawatir ada gempa susulan. Sempat panik juga tadi waktu pas gempa,” ujar Aceng saat dihubungi ayotasik.com melalui sambungan telepon, Selasa, 14 September 2021.

Situasi dan kondisi cuaca buruk yang melanda Tasikmalaya terutama wilayah Selatan Tasikmalaya diakui Kepala Satuan Polisi (Kasatpol) Air Polres Tasikmalaya Iptu Sujarmanto. Ia mengungkapkan, dalam beberapa hari terakhir ini wilayah Tasikmalaya khususnya wilayah Cipatujah kerap diguyur huja meski masih dalam intensitas ringan dan sedang.

“Sudah sepekan ini wilayah Cipatujah dilanda hujan. Masyarakat harus lebih waspada akan terjadinya potensi bencana,” ujar Sujarmanto kepada ayotasik.com, Selasa, 14 September 2021.

“Saya mengimbau kepada masyarakat maupun nelayan yang berada di pesisir pantai, karena saat ini situasi musim penghujan dan tadi ada gempa untuk tetap waspada. Jaga keselamatan di sekitar masing-masing,” sambungnya.

Ia menuturkan, sejauh ini aktivitas masyarakat berjalan normal seperti biasa. Nelayan yang akan pergi melaut pun diminta untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan menyiapkan segala peralatan keselamatan seperti pelampung.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Ibu Kota Kabupaten Tasikmalaya Butuh Sentuhan

Jumat, 24 September 2021 | 17:46 WIB

Volume Sampah Kabupaten Tasik Capai 900 Ton Setiap Hari

Jumat, 24 September 2021 | 14:23 WIB

Tata Cara Salat Dhuha dan Doa Setelahnya

Jumat, 24 September 2021 | 11:05 WIB

Buang Sampah Sembarangan di Tasikmalaya Bakal Kena Denda

Kamis, 23 September 2021 | 16:34 WIB

Dari Paniis Tasikmalaya, Kerajinan Bambu Tembus ke Eropa

Kamis, 23 September 2021 | 14:12 WIB
X