Ini Tips Menjaga Kesehatan di Tengah Pancaroba

- Rabu, 15 September 2021 | 14:03 WIB
[ilustrasi] Musim pancaroba rentan menyerang anak di musim pancaroba. (Pixabay)
[ilustrasi] Musim pancaroba rentan menyerang anak di musim pancaroba. (Pixabay)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Dalam sepekan terakhir, wilayah Kabupaten Tasikmalaya mengalami cuaca yang tidak menentu. Dalam sehari, bisa terjadi turun hujan atau cerah berawan. Kondisi ini sering disebut dengan pancaroba. Peralihan dari satu musim ke musim lainnya pun sering kali dikaitkan dengan munculnya berbagai penyakit.

Melihat kondisi itu, tentunya kita diharuskan untuk pintar-pintar menjaga kondisi tubuh. Termasuk dalam asupan makanan agar tubuh tetap bugar di tengah pancaroba.

Direktur utama RS Singaparna Medika Citrautama (SMC) Kabupaten Tasikmalaya Iman Firmansyah mengatakan, masyarakat perlu waspada atas serangan berbagai penyakit saat musim pancaroba.

Agar kondisi tubuh tetap prima saat musim pencaroba, lanjut Iman, dapat memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Selain itu, mengurangi aktivitas di luar rumah terutama saat turun hujan atau cuaca cukup dingin.

Cara lainnya, bisa juga dengan menambahkan asupan vitamin atau penguat imun tubuh. "Kita tentu tidak ingin sakit karena akan menggangu aktivitas,“ kata Iman Firmansyah, Rabu 15 September 2021.

Selain asupan buah-buahan, sayuran, dan vitamin, Iman menyarankan juga untuk beristirahat cukup dan berolahraga di dalam ruangan. Dengan begitu, kondisi tubuh akan tetap fit meskipun dalam cuaca yang tidak menentu. "Kita rasakan sekarang di Tasik saja, pagi sampai siang panas, sore hari sampai malam biasanya hujan. Nah, kita siasati itu dengan pola asupan gizi cukup, istirahat cukup dan berolahraga,“ papar Iman.

Cara Menjaga Kondisi Tubuh Saat Pancaroba bagi Anak
Selain orang dewasa, anak-anak pun perlu dijaga kesehatannya saat musim pancaroba. Ada beberapa tips dan saran yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menjaga anaknya agar tetap sehat di tengah musim pencaroba.

Dilansir dari Suara.com, berikut beberapa tips untuk menjaga anak dari serangan penyakit saat musim pencaroba.

Tips pertama yakni membiasakan anak untuk rutin mencuci tangan. Mencuci tangan merupakan hal sederhana tetapi memegang peranan penting dalam mencegah penularan penyakit. Mencuci tangan ini bisa dilakukan saat sebelum dan sesudah makan, setelah buang air kecil dan buang air besar, setelah memegang hewan peliharaan, dan setelah bermain di luar rumah.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

Ibu Kota Kabupaten Tasikmalaya Butuh Sentuhan

Jumat, 24 September 2021 | 17:46 WIB

Volume Sampah Kabupaten Tasik Capai 900 Ton Setiap Hari

Jumat, 24 September 2021 | 14:23 WIB

Tata Cara Salat Dhuha dan Doa Setelahnya

Jumat, 24 September 2021 | 11:05 WIB

Buang Sampah Sembarangan di Tasikmalaya Bakal Kena Denda

Kamis, 23 September 2021 | 16:34 WIB

Dari Paniis Tasikmalaya, Kerajinan Bambu Tembus ke Eropa

Kamis, 23 September 2021 | 14:12 WIB
X