Tanjakan Gentong Makan Korban Lagi: Tak Kuat Menanjak, 2 Truk Terguling Masuk Jurang

- Rabu, 15 September 2021 | 15:39 WIB
Tak kuat menanjak, truk pembawa batu alam terguling dan masuk jurang di Tanjakan Gentong, Kadipaten, Tasikmalaya, Rabu, 15 September 2021. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)
Tak kuat menanjak, truk pembawa batu alam terguling dan masuk jurang di Tanjakan Gentong, Kadipaten, Tasikmalaya, Rabu, 15 September 2021. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

KADIPATEN, AYOTASIK.COM -- Tak kuat menanjak di Tanjakan Gentong Tasikmalaya, 2 truk terguling masuk jurang sedalam 15 meter, Rabu, 15 September 2021. Truk pertama adalah truk yang membawa batu alam yang dikemudikan oleh Suraji (48) warga Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah (Jateng).

Truk dengan nomor polisi AB 8198 DC tersebut, melaju dari arah Tasikmalaya menuju Bandung. Nahas, saat menapaki tanjakan Gentong Atas, tepatnya di Kampung Langkob, Desa Cibahayu, Kecamatan Kadipaten, truk tak kuat menanjak dan mengalami mesin mati.

Akhirnya, truk dengan cat kuning tersebut kembali mundur, meluncur bebas menghantam pembatas jalan kemudian masuk jurang sedalam lebih kurang 15 meter dengan kondisi terguling. Beruntung, sopir dan kernetnya selamat dari kecelakaan tunggal tersebut, dan hanya mengalami luka lecet.

“Jadi, truk yang mengalami kecelakaan tunggal ini tak kuat menanjak. Dari keterangan sopir, truk mengalami mesin mati kemudian mundur dan masuk jurang,” ujar Kanit Lantas Polsek Kadipaten Iptu Edi Suprayitno, Rabu, 15 September 2021.

Kecelakaan yang sama juga menimpa truk Fuso yang membawa bata ringan hebel yang dikemudikan oleh Endang (48) warga Kampung Rancamukti, Desa Singajaya, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Tasikmalaya. Truk dengan nomor polisi Z 9769 TB tersebut juga masuk jurang dan terbalik tak jauh dari lokasi kecelakaan tunggal truk pembawa batu alam.

Menurut Kanit Laka Lantas Polres Tasikmalaya Kota Ipda Zezen Zaenal Muttaqin, truk Fuso yang mengalami kecelakaan tunggal tak kuat menanjak dan sistem pengeremannya tidak mampu menahan beban kendaraan. “Truk tak kuat menanjak dan remnya tidak kuat menahan beban. Truk kemudian mundur lagi dan terguling masuk jurang. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini,” ujar Zezen.

Ia meminta para penggendara yang melintasi Jalan Raya Gentong Kadipaten untuk meningkatkan kewaspadaan untuk meminimalisir risiko kecelakaan. Para pengendara harus mengecek kendaraannya sebelum berkendara untuk memastikan kendaraan dalam kondisi baik.  “Saya imbau agar selalu mengecek kondisi kendaraan dan pastikan kondisi fisik sehat sebelum berkendara,” ucapnya.

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

Ibu Kota Kabupaten Tasikmalaya Butuh Sentuhan

Jumat, 24 September 2021 | 17:46 WIB

Volume Sampah Kabupaten Tasik Capai 900 Ton Setiap Hari

Jumat, 24 September 2021 | 14:23 WIB

Tata Cara Salat Dhuha dan Doa Setelahnya

Jumat, 24 September 2021 | 11:05 WIB

Buang Sampah Sembarangan di Tasikmalaya Bakal Kena Denda

Kamis, 23 September 2021 | 16:34 WIB

Dari Paniis Tasikmalaya, Kerajinan Bambu Tembus ke Eropa

Kamis, 23 September 2021 | 14:12 WIB
X