Polsek Tawang Tasikmalaya Ungkap 3 Kasus Penipuan dan Penggelapan, Ini Modus Para Tersangka

- Rabu, 15 September 2021 | 16:35 WIB
3 tersangka kasus penipuan dan penggelapan berhasil diungkap Polsek Tawang. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)
3 tersangka kasus penipuan dan penggelapan berhasil diungkap Polsek Tawang. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

TAWANG, AYOTASIK.COM -- Polsek Tawang Polres Tasikmalaya Kota mengungkap berbagai modus kejahatan penipuan dan penggelapan yang terjadi dalam sebulan terakhir ini. Sedikitnya ada 3 kasus penipuan dan penggelapan dengan modus berbeda yang berhasil diungkap.

Kapolsek Tawang Ipda Wawan Setiawa mengatakan, kurang dari sebulan ini pihaknya mengamankan 3 tersangka kasus penipuan dan penggelapan yang merugikan korbannya hingga puluhan juta rupiah.

Kasus pertama yang berhasil diungkap yakni kasus penipuan dengan modus pembuatan surat aplikasi pembayaran atau pelunasan kredit kendaraan. Dalam kasus tersebut tersangkanya adalah salah seorang karyawan freelance dari sebuah lembaga pembiayaan.

“Tersangka berinisial RD ini membuat surat palsu bukti pelunasan angsuran kredit kendaraan kepada korbannya. Korban telah menyerahkan uang pelunasan cicilan sebesar Rp30 juta, tapi tidak dibayarkan ke lembaga pembiayaan oleh tersangka,” ujar Wawan, 15 September 2021.

Kapolsek yang baru menjabat sebulan ini menuturkan, kasus penipuan yang ke-2 yakni penggelapan dalam jabatan dengan tersangka berinisial DN. Tersangka yang merupakan kepala toko menjual barang-barang dagangan, tapi uangnya tidak disetorkan malah dipakai untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Sementara itu, kasus penipuan terakhir yang diungkap dengan tersangka berinisial DA adalah menggadaikan mobil rental tanpa seizing dan sepengetahuan pemilik kendaraan. Tersangka merental kendaraan kemudian digadaikan kepada orang lain sebesar Rp20 juta.

“Alhamdulillah, kurang dari satu bulan ini kita dapat amankan 3 tersangka tindak pidana penipuandan pengelapan. Kita jerat para tersangka dengan pasal 378, pasal 374, dan pasal 372 KUH Pidana, dengan ancaman 4 tahun penjara,” ucapnya.

Mantan kanit tipiter Satreskrim Polres Tasikmalaya Kota ini mengimbau agar masyarakat khususnya warga yang berada di wilayah hukum Polsek Tawang untuk selalu berhati-hati dengan berbagai modus tindak pidana kejahatan.

“Saya harap kalau ada informasi kejahatan maupun lokasi rawan kejahatan bisa dilaporkan untuk segera ditindaklanjuti. Kami selalu siaga 24 jam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Ibu Kota Kabupaten Tasikmalaya Butuh Sentuhan

Jumat, 24 September 2021 | 17:46 WIB

Volume Sampah Kabupaten Tasik Capai 900 Ton Setiap Hari

Jumat, 24 September 2021 | 14:23 WIB

Tata Cara Salat Dhuha dan Doa Setelahnya

Jumat, 24 September 2021 | 11:05 WIB

Buang Sampah Sembarangan di Tasikmalaya Bakal Kena Denda

Kamis, 23 September 2021 | 16:34 WIB

Dari Paniis Tasikmalaya, Kerajinan Bambu Tembus ke Eropa

Kamis, 23 September 2021 | 14:12 WIB
X