Capaian Vaksinasi Covid-19 di Kota Tasikmalaya Masih Rendah, Ini Kata Dinas Kesehatan

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 10:14 WIB
Kadinkes Kota Tasikmalaya, Uus Supangat. (Heru Rukanda)
Kadinkes Kota Tasikmalaya, Uus Supangat. (Heru Rukanda)



BUNGURSARI, AYOTASIK.COM --  Capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Tasikmalaya masih rendah dibandingkan dengan daerah lainnya di Jawa Barat. Hingga kini capaian vaksinasi baru mencapai 37,94 persen. Masih rendahnya capaian vaksinasi Covid-19 tersebut diakui Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat.

Kendati demikian, Uus Supangat optimistis target 75 persen sampai 80 persen warga Kota Tasikmalaya mendapatkan vaksin Covid-19 bisa tercapai di akhir Desember 2021. "Kota Tasikmalaya untuk vaksinasi itu ada di angka 37,94 persen. Untuk sampai ke 50 persen kita kurang 15 persen. Mudah-mudahan kita bisa kejar," ujar Uus, Selasa, 5 Oktober 2021.

Baca Juga: Vaksinasi Covid di Kota Tasikmalaya Terus Digencarkan, Kejar Target Herd Immunity 70 Persen di Akhir Desember

Menurutnya, untuk mengejar capaian vaksinasi guna terciptanya Herd Immunity atau kekebalan kelompok di Kota Tasikmalaya, pihaknya akan melakukan percepatan vaksinasi di puskesmas. "Besok juga akan ada vaksin di AP. Untuk percepatan vaksinasi akan dipercepat di tingkat puskesmas," ucapnya.

Ia menuturkan, kegiatan vaksinasi di Kota Tasikmalaya memang sering dilakukan secara massal. Namun, kepesertaannya tidak semua warga Kota Tasikmalaya. "Ada beberapa dari luar yang memang harus dilayani di Kota Tasikmalaya, karena syaratnya hanya KTP. Jadi dilayani di kita," kata dia.

Uus menegaskan, guna mencapai target capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Tasikmalaya, pihaknya akan melakukan langkah-langkah percepatan vaksinasi dengan mengutamakan warga Kota Tasikmalaya.

"Untuk Kota Tasikmalaya agar ada capaian vaksinasi di angka 50 persen terus dilaksanakan percepatan. Pertama, untuk vaksinasi massal akan lebih mengutamakan KTP Kota Tasikmalaya," jelas Uus. "Kedua, akan melaksanakan percepatan di puskesmas. Kita akan tambah vaksinator dan petugas kelengkapan administrasinya," sambungnya.

Lebih jauh Uus mengatakan, dalam percepatan vaksinasi Covid-19 bagi warga Kota Tasikmalaya, pihaknya akan menerjunkan tenaga medis dari rumah sakit untuk membantu petugas di puskesmas. "Mudah-mudahan dalam 2 sampai 3 minggu ke depan kita bisa kejar ketertinggalan capaian vaksinasi supaya bisa di angka 50 persen," pungkasnya.

Heru Rukanda

Capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Tasikmalaya masih rendah. (Ayotasik.com/Heru Rukanda) 

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Tokoh Santri dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 12:17 WIB

Empat Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:11 WIB
X