7 Obat Mujarab Kelola Finansial Tetap Sehat saat Pandemi Covid-19

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 19:27 WIB
7 Obat Mujarab Kelola Finansial Tetap Sehat saat Pandemi Covid-19. (ist)
7 Obat Mujarab Kelola Finansial Tetap Sehat saat Pandemi Covid-19. (ist)

BANDUNG, AYOTASIK.COM - Sejak Maret 2020 lalu, seluruh dunia mengalami kondisi yang sangat memprihatinkan akibat pandemi Covid-19 yang berawal dari Wuhan, Cina. Tidak hanya berdampak kepada kesehatan yang menyebabkan meninggal dunia, namun pandemi Covid-19 ini memiliki efek dominan yang menyasar seluruh aspek kehidupan. Sevut saja ekonomi, pendidikan, dan politik pun terkena imbas yang sangat besar.

Resesi ekonomi pun tak terelakkan lagi. Tidak hanya dialami negara Indonesia saja, namun kondisi ini berlaku secara global. Pada awalnya, semua tidak pernah membayangkan kondisi ini bisa terjadi secara mendunia. Akhirnya, semua orang pun tersadarkan akan bahanya covid-19 ini.

Di sektor perekonomian, pandemi Covid-19 khususnya di Indonesia terasa sangat berat. Tercatat beberapa supermarket dan perusahaan yang terpaksa gulung tikar. Kalaupun masih bisa bertahan, para pengusaha terpaksa melakukan pemotongan gaji atau rasionalisasi karyawan sehingga menyebabkan angka pengangguran semakin meningkat.

Menghadapi konsisi pandemi Covid-19 ini, maka harus dipersiapkan finansial yang sehat untuk bisa tetap survive. Karena jika tidak, maka yang akan terjadi adalah masalah yang sangat besar dan sangat sulit untuk ditanggulangi.

Chief Agency Officer Manulife Indonesia, Jeffrey Kie memberikan strategi supaya masyarakat bisa tetap bertahan dan finansial yang dimiliki tetap sehat. Dalam hal ini, terdapat 7 obat mujarab yang bisa membuat finansial tetap sehat selama kondisi pandemi covid-19 ini.

7 obat mujarab tersebut meliputi:

1. Miliki Dana Darurat Sebelum Berinvestasi

Investasi adalah cara terbaik untuk meningkatkan dana sekaligus menyiapkan tabungan masa depan. Akan tetapi, tidak semua investasi mampu memberikan dana instan ketika dalam keadaan darurat.

Pandemi yang terjadi menuntut adanya dana liquid demi menghindari kebangkrutan finansial.
Di sinilah pentingnya dana darurat. Ia dapat memberi waktu untuk kembali bangkit ketika sumber
penghasilan menurun.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

bank bjb Sabet Tiga Penghargaan TOP GRC Award 2021

Kamis, 7 Oktober 2021 | 18:12 WIB

OJK dan BI Gelar 10 Ribu Vaksinasi Covid-19 di Garut

Senin, 13 September 2021 | 20:37 WIB

Performa dan Rencana Strategi bank bjb syariah 2021

Senin, 6 September 2021 | 15:50 WIB
X