Perempuan Cigalontang Harumkan Nama Jawa Barat di PON XX Papua

- Senin, 11 Oktober 2021 | 10:17 WIB
Sala Nursyafa Jajuar (14), perempuan asal Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya berhasil mengukir prestasi dan mengharumkan kontingen Jawa Barat dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. (Irpan Wahab Muslim)
Sala Nursyafa Jajuar (14), perempuan asal Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya berhasil mengukir prestasi dan mengharumkan kontingen Jawa Barat dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. (Irpan Wahab Muslim)

CIGALONTANG, AYOTASIK.COM -- Sala Nursyafa Jajuar (14), perempuan asal Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya berhasil mengukir prestasi dan mengharumkan kontingen Jawa Barat dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Sala Nursyafa Jajuar yang berlaga di eksibisi cabang Modern Pentathlon (Triathle dan Laserrun) tersebut menunjukkan kemampuannya hingga berhasil meraih medali emas dan perunggu.

Keberhasilan Sala Nursyafa Jajuar dalam meraih prestasi di tingkat nasional ini, menurutnya merupakan sebuah hal yang awalnya tidak ia duga. Hal tersebut karena dirinya yang kini masih duduk bangku kelas VIII SMPN 1 Cigalontang ini harus besaing dengan para atlit lain dari berbagai kalangan.

"Mungkin dari segi usia pun saya yang paling muda. Karena waktu itu ada yang sudah duduk di bangku SMA, mahasiswa, bahkan ada atlit yang berprofesi sebagai TNI," kata Sala Nursyafa Jajuar melalui sambungan telepon, Senin, 11 Oktober 2021.

Meski bersaing dengan banyak atlet dari daerah lain, tidak lantas membuat semangat juang Sala Nursyafa Jajuar kendor. Bahkan menurut putri ke-3 dari pasangan, Dindin Jumardin dan Ibu Ade Juarsih yang beralamat di Kampung Jayapura Kecamatan Cigalontang tersebut semakin terpacu untuk bisa membuktikan kemampuannya.

Berjuang untuk bisa meraih prestasi di ajang lomba tingkat nasional ini, dikatakan Sala, memang tidak akan cukup hanya sebatas bermodalkan kemampuan semata. Namun juga mental untuk bisa jadi juara harus menjadi motivasi yang sangat besar. "Kalau dari segi kemampuan, saya kira semua sama. Cuma mental masing-masing ajah yang tentu berbeda," ujar Sala Nursyafa Jajuar.

Keberhasilan Sala Nursyafa Jajuar yang bercita-cita ingin menjadi Polwan ini tentu tidak hanya membuat bangga keluarga, namun juga masarakat Kabupaten Tasikmalaya.

Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, saat di hubungi melalui telepon pun secara langsung menyampaikan ucapan selamatnya kepada Sala Nursyafa Jajuar atas prestasinya di PON XX Papua.

Hal ini menjadi sebuah kebanggan bagi warga Kabupaten Tasikmalaya. Ia berharap semoga prestasi tersebut akan bisa memotivasi para siswa atau pata atlet lain. "Selamat buat Sala Nursyafa Jajuar yang telah berhasil meraih prestasi. Hingga membuat harum nama Kabupaten Tasikmalaya," ujar Ade Sugianto.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Tokoh Santri dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 12:17 WIB

Empat Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:11 WIB
X