Mengenal Zikir dan Doa Pagi dan Petang: Almatsurat Bisa Jadi Panduan

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 10:43 WIB
Ilustrasi memohon doa setelah salat tobat.. (Istimewa)
Ilustrasi memohon doa setelah salat tobat.. (Istimewa)

BANDUNG, AYOTASIK.COM -- Berzikir dan berdoa bukan hanya kewajiban, melainkan juga merupakan kebutuhan setiap Muslim. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa zikir adalah obat hati, sedangkan doa adalah intisari ibadah.

Membaca wirid merupakan salah satu sarana zikir mengingat Allah di samping sarana sarana yang lain. Berzikir dan berdoa akan menguatkan hati dan menjaga kestabilan jiwa.

Zikir dan doa kepada Allah merupakan karakteristik 'Ulul Albab' (orang-orang yang berakal). Allah berfirman: "(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring..." (QS Ali Imran [3]: 191).

Imam Hassan Al Banna merangkum zikir dan doa yang dipanjatkan Nabi ke dalam kumpulan zikir dan doa Rasulullah Saw pagi dan sore, dengan nama Almatsurat. Almatsurat berisi ayat ayat pilihan dan lafal lafal dari hadis Rasulullah Saw. yang biasa beliau amalkan dalam wiridnya.

Dinamakan Almatsurat karena semua yang ada dalam kumpulan wirid dan doa ini dituntunkan (ada riwayatnya--red.) oleh Rasulullah saw.

Baca Juga: 30 Khasiat dan Faedah Doa Nurbuat. Bila Dibaca dengan Ikhlas, Dapat Terkabulnya Hajat

Zikir dan doa Almatsurat bisa kita amalkan setiap hari pagi dan petang. Allah berfirman: "Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan nama) Allah dengan berzikir sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang." (QS Al-Ahzab [33]: 41-42).

Di bawah ini di antara bacaan doa pagi dan petang yang terdapat dalam Almatsurat:

1. Doa Pagi Hari

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Sumber: Ummu Azka

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Tokoh Santri dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 12:17 WIB

Empat Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:11 WIB
X