Jalan Kabupaten Puluhan Tahun Rusak, Pemkab Tasik Angkat Tangan

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 16:05 WIB
Jalan Desa Mandalahurip, Desa Mandalamekar, dan Desa Lengkongbarang Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya sepanjang 12 Km sudah 20 tahun lebih mengalami rusak parah. (Irpan Wahab Muslim)
Jalan Desa Mandalahurip, Desa Mandalamekar, dan Desa Lengkongbarang Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya sepanjang 12 Km sudah 20 tahun lebih mengalami rusak parah. (Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Jalan Desa Mandalahurip, Desa Mandalamekar, dan Desa Lengkongbarang, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, sepanjang 12 Km sudah 20 tahun lebih mengalami rusak parah. Namun, hingga saat ini jalan itu belum juga diperbaiki.

Setiap kendaraan yang hendak melintas ke jalan tersebut diwajibkan ekstra hati-hati karena sepanjang jalan yang rusak dipenuhi bebatuan. Apalagi jika melintas saat musim hujan, jalanan menjadj licin.

Kepala Desa Mandalamekar, Alfie Akhmad Hariri mengatakan, jalan milik Pemkab Tasikmalaya yang mengalami rusak parah itu mulai dari Desa Mandalamekar, Desa Mandalahurip, Desa Lengkongbarang.

“Kalau mengajukan proposal untuk perbaikan jalan kepada Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya sudah beberapa kali. Tapi tak kunjung terealisasi,” ungkap Alfie Akhmad Hariri, Selasa, 12 Oktober 2021.

Menurut Alfie Akhmad Hariri, saat ini pihaknya sedang mempelajari Undang Undang mengenai Dana Desa untuk mengetahui apakah Dana Desa juga bisa dipakai untuk memperbaiki jalan yang rusak parah atau tidak.

Tetapi walaupun Dana Desa bisa dipakai, itu tidak akan mencukupi. Sehingga pembiayaan seharusnya dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya. “Kami juga memaklumi, memang jalan yang rusak milik Pemkab Tasikmalaya begitu luas atau begitu panjang. Mungkin ketika anggaran per tahun tidak tercukupi, jadi siapa yang bisa masuk lebih dulu,” ujar Alfie Akhmad Hariri.

Alfie Akhmad Hariri berharap, dengan terobosan lain pihaknya mencoba mengajukan proposal ke sumber-sumber lain yang bisa mengucurkan anggarannya untuk perbaikan jalan umum. Sebab, masyarakat sangat membutuhkan jalan yang bagus untuk menunjang aktivitasnya.

Baca Juga: Jalan Rusak Parah, Warga Pertanyakan Kinerja Pemda

“Bisa kita bayangkan ketika ada warga yang mau melahirkan atau masalah urgent kesehatan lainnya untuk menuju ke Puskesmas atau ke rumah sakit. Itu akan sangat sulit sekali dengan kondisi jalan yang seperti ini,” ungkap Alfie Akhmad Hariri.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Tokoh Santri dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 12:17 WIB

Empat Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:11 WIB
X