Kemenag Kota Tasikmalaya Belum Terima Informasi Tertulis Umrah Kembali Dibuka

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 18:08 WIB
Kemenag Kota Tasikmalaya Belum Terima Informasi Tertulis Umrah Kembali Dibuka. (Pixabay)
Kemenag Kota Tasikmalaya Belum Terima Informasi Tertulis Umrah Kembali Dibuka. (Pixabay)

TAWANG, AYOTASIK.COM -- Kantor Kementerian Agama Kota Tasikmalaya mengaku belum mendapat informasi secara tertulis terkait soal kembali dibukanya ibadah umrah bagi jemaah Indonesia.

Kepala Seksi (Kasi) Umrah dan Haji Kemenag Kota Tasikmalaya Wahyu mengatakan, sejak adanya informasi kembali dibukanya pelaksanaan ibadah umroh untuk jemaah Indonesia, pihaknya belum menerima informasi secara resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia (RI).

“Kami yang di daerah belum menerima informasi dari kementerian agama di Jakarta tentang tindak lanjut dari Informasi Menteri Luar Negeri RI tentang dibukanya pelaksanaan ibadah umrah oleh Pemerintah Arab Saudi,” ujar Wahyu saat dibubungi Ayotasik.com, Rabu, 13 Oktober 2021.

Menurutnya, ketika pelaksanaan ibadah umrah benar-benar kembali dibuka otoritas Arab Saudi, tentunya masih banyak yang perlu dipertimbangkan terkait dengan teknis dan tata cara pelaksaan ibadah di masa pandemi Covid-19 ini.

“Tentunya kementerian agama harus mengatur karena yang umrah itu hampir 2 tahun ini tertunda. Ini belum kelihatan dari sisi pengaturannya,” ucapnya.

Ia menuturkan, sejauh ini kuota untuk jemaah umrah yang diberikan otoritas Arab Saudi belum jelas jumlahnya. Pemerintah harus benar-benar mengatur teknisnya karena kalau diberangkatkan semuanya, jumlah jemaah umrah sejak Maret 2020 hingga kini sangat banyak.

“Kami di daerah ini belum mendapatkan informasi yang jelas tentang bagaimananya soal pelaksanaan umrah ini,” kata dia.

Wahyu menjelaskan, informasi menganai dibukanya pelaksanaan ibadah umrah ini bisa saja baru sebatas komunikasi diplomatik dari Menteri Luar Negeri RI dengan Pemerintah Arab Saudi.

“Terkait dengan tataran teknis mungkin satu atau 2 pekan ke depan bisa mendapatkan kabar pastinya tentang umrah itu,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Tokoh Santri dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 12:17 WIB

Empat Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:11 WIB
X