BPBD Kabupaten Tasikmalaya Keluarkan Peringatan Dini Potensi Pergerakan Tanah

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 12:50 WIB
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya mengeluarkan peringatan dini tentang potensi gerakan tanah Oktober 2021. (BPBD)
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya mengeluarkan peringatan dini tentang potensi gerakan tanah Oktober 2021. (BPBD)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya mengeluarkan peringatan dini tentang potensi gerakan tanah Oktober 2021.

Dalam peringatan dini itu disebutkan, 39 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya memiliki kerawanan bencana pergerakan tanah menengah hingga tinggi.

Pergerakan tanah status kerawanan menengah, artinya daerah dengan potensi untuk mencegah terjadinya pergerakan tanah.

Di zona tersebut dapat terjadi pergerakan tanah jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan.

Baca Juga: Di Tengah Curah Hujan Tinggi, Bencana Kebakaran Mendominasi

Sementara itu, untuk zona rawan tinggi, yakni daerah yang mempunyai potensi tinggi terjadi pergerakan tanah jika curah hujan diatas normal, sedangkan gerakan tanah lama dapat aktif kembali.

Dari 39 kecamatan itu, ada 8 kecamatan yang juga memiliki kerawanan bencana selain pergerakan tanah yakni berupa banjir bandang. Daerah itu yakni Kecamatan Cigalontang, Cisayong, Leuwisari, Padakembang, Pagerageung, Sariwangi, Singaparna, dan Sukaratu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya juga mengeluarkan beberapa langkah antisipasi dan kesiapsiaganan dalam menghadapi bencana banjir dan longsor. Di antaranya menyiagakan tim siaga bencana. Tugasnya yakni memantau kondisi terkini di lapangan, koordinasi dengan aparatur desa dan menyiapkan evakuasi.

Langkah berikutnya, menyelamatkan barang penting ke tempat aman, membatasi aktivitas di luar rumah. Jika berada di luar rumah, hindari pohon besar, baligo dan saluran air atau gorong-gorong.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Tokoh Santri dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 12:17 WIB

Empat Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:11 WIB
X