Atang Sumardi: Waspada DBD Saat Pancaroba, PHBS Harus Digiatkan

- Selasa, 2 November 2021 | 14:39 WIB
Nyamuk DBD  (Pixabay)
Nyamuk DBD (Pixabay)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Masyarakat diharapkan waspada dengan musim pancaroba yang saat terjadi terjadi. Karena saat musim pancaroba, banyak penyebaran penyakit, di antaranya demam berdarah.

Sekretaris Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Atang Sumardi menuturkan, pada saat musim pancaroba banyak penyebaran penyakit terutama DBD. Sebagai langkah antisipasi, kata Atang, masyarakat harus menerapkan pola hidup sehat dengan menggelar Gerakan Masyarakat (Germas).

Artinya selain menjaga lingkungan sekitar, juga secara pribadi harus mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. "Germas harus digelorakan, kebersihan lingkungan harus diperhatikan. Karena pancaroba banyak penyebaran penyakit," ucap AtangSumardi melalui sambungan telepon, Selasa, 2 November 2021.

Baca Juga: Antisipasi Pelecehan Seksual Jalanan, Polsek Singaparna Tasikmalaya Akan Giatkan Partoli

Atang Sumardi menambahkan, di masa pandemi Covid-19 ini, masyarakat dituntut untuk pintar menjaga daya tahan tubuh atau imun. Untuk itu, penerapan kesehatan lingkungan dan diri pribadi menjadi mutlak diterapkan.

Terutama pada pola 3 M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. "Jadi harus benar benar menjaga imun tubuh apalagi saat pandemi ditambah pancaroba," ujar Atang.

Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti mencuci tangan dengan air dan sabun, menggunakan toilet saat buang air besar atau kecil, menggunakan air bersih, mengonsumsi makanan sehat dan bersih, asupan makanan gizi seimbang harus pula digiatkan.

Selain itu, mengonsumsi sumber vitamin alami yang berasal dari buah-buahan, berolahraga secara rutin, membuang sampah pada tempatnya dan mandi 3 kali dalam sehari.

Musim pencaroba dibutuhkan tambahan asupan vitamin, terutama vitamin C dan D. Vitamin itu dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X