Kejari Kota Tasikmalaya Restorative Justice Tersangka Laka Lantas, Kasusnya Tidak Sampai Persidangan

- Rabu, 22 Desember 2021 | 18:42 WIB
Kejari Kota Tasikmalaya lakukan restorative justice terhadap tersangka laka lantas sehingga kasusnya tidak sampai persidangan. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)
Kejari Kota Tasikmalaya lakukan restorative justice terhadap tersangka laka lantas sehingga kasusnya tidak sampai persidangan. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

CIPEDES, AYOTASIK.COM - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tasikmalaya lakukan restorative justice terhadap tersangka AC (40) kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada September 2021 lalu. Dengan pemberian restorative justice tersebut, maka kasusnya dihentikan dan sehingga tidak sampai pada tahap persidangan.

Kepala Kejaksaan Negeri (kejari) Kota Tasikmalaya Fajarrudin Yusuf mengatakan, restorative justice adalah suatu pendekatan dalam memecahkan masalah pidana yang melibatkan korban, pelaku, serta elemen-elemen masyarakat demi terciptanya suatu keadilan.

Menurutnya, hal itu tertuang dalam Peraturan Kejaksaan Nomor 15 Tahun 2020 tentang Perkara Lewat Keadilan Restorative.

Baca Juga: Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya Pantau Harga Sembako, Akui Ada Kenaikan

Fajarrudin menuturkan, ada beberapa pertimbangan dalam pemberian restorative justice dalam suatu perkara tindak pidana. Dalam kasus ini, pihak jaksa menilai bahwa yang menjadi pertimbangannya adalah mengedepankan keadilan guna pemulihan kembali situasi pada keadaan semula.

Di samping itu, pihak tersangka dan korban juga telah bersepakat untuk menyelesaikan kasus ini dengan berdamai yang disaksikan pengurus RT, RW, dan pihak kelurahan.

“Tersangka ini seorang sopir bus. Yang menjadi pertimbangan lainnya yakni tersangka ini sebagai tulang punggung keluarga. Tersangka memiliki istri yang tengah hamil dan seorang anak yang masih kecil dan perlu dinafkahi,” ujar Fajarrudin, Rabu, 22 Desember 2021.

Baca Juga: Hari Ibu 22 Desember, 3 Hadis Keutamaan Berbakti Kepada Ibu

Fajarrudin menjelaskan, keputasan pemberian restorative justice ini telah digelar bersama Kejaksaan Tinggi (kejati) Jawa Barat (Jabar) dan Kejakaan Agung (Kejagung).

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yamaha Lexi dengan Tampilan Corak dan Warna Baru

Selasa, 12 April 2022 | 16:23 WIB

Terpopuler

X