Musim Pancaroba, Hati-hati Dengan Penyakit Ini

- Rabu, 29 Desember 2021 | 20:10 WIB
Musim Pancaroba, Hati-hati Dengan Penyakit Ini. (Pixabay)
Musim Pancaroba, Hati-hati Dengan Penyakit Ini. (Pixabay)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Akhir-akhir ini, perubahan cuaca cepat terjadi. Dari panas yang begitu sangat menyengat, secara tiba-tiba langsung hujan. Kondisi yang disebut peralihan musim atau pancaroba ini tentunya dapat meningkatkan resiko tubuh terserang berbagai penyakit.

Dilansir dari hallosehat, ada beberapa penyakit yang bisa terjadi saat musim pancaroba.

1. Sakit kepala

Saat musim pancaroba, turunnya tekanan udara, kenaikan tajam kelembapan udara, atau turunnya suhu udara secara tiba-tiba dapat memicu terjadinya sakit kepala, terutama migrain. Selain itu, cuaca dingin yang ekstrem atau sinar matahari yang terlalu panas juga dapat memicu ketidakstabilan komponen kimiawi dalam otak sehingga memicu sakit kepala. Cuaca yang terlalu dingin juga dapat membuat pembuluh darah menyempit sehingga menghambat suplai darah yang menuju ke otak.

2. Batuk pilek

Penyakit lain yang sangat umum muncul di musim pancaroba adalah batuk pilek. Salah satu virus yang perkembangbiakannya semakin bertambah di musim ini adalah virus influenza dan rhinovirus.

Selain itu, saat terjadi perubahan cuaca dari dingin ke cuaca yang lebih hangat, orang-orang menjadi lebih sering keluar rumah, berjalan-jalan, dan berkumpul bersama. Ketika banyak orang berkumpul, penyebaran penyakit menjadi lebih mudah terjadi.

Batuk pilek biasanya ditandai dengan gejala batuk, hidung meler atau tersumbat, bersin, meriang, dan demam. Pastikan Anda selalu mengenakan masker untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari penularan batuk pilek.

3. Nyeri sendi

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yamaha Lexi dengan Tampilan Corak dan Warna Baru

Selasa, 12 April 2022 | 16:23 WIB

Terpopuler

X