Jelang Akhir Tahun 2021, Petugas Gabungan Sidak Harga di Pasar, Temukan Perbedaan Harga di Pedagang

- Kamis, 30 Desember 2021 | 19:42 WIB
Jelang Akhir Tahun 2021, Petugas gabungan Sidak Harga Di Pasar, Temukan Perbedaan Harga di Pedagang. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)
Jelang Akhir Tahun 2021, Petugas gabungan Sidak Harga Di Pasar, Temukan Perbedaan Harga di Pedagang. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AUOTASIK.COM - Menjelang akhir tahun 2021, petugas gabungan di Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat menggelar sidak di Pasar Tradisional Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis 30 September 2021.

Selain dapati kenaikan harga, petugas menemukan ada satu komoditas yakni cabai rawit berbeda harga, mulai dari Rp 80 ribu hingga Rp 100 ribu perkilogram. Padahal, para pedagang berjualan di blok pasar yang sama.

"Kami temukan ada perbedaan harga jual kebutuhan yang sama di pasar yang sama. Misalnya cabai rawit di lapak depan 100, di tengah Rp 90 disini ada yang Rp 80 ribu," kata Kadis Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Tasikmalaya Iwan Ridwan.

Ditambahkan Iwan, perbedaan harga jual ini, diduga akibat permainan distributor hingga indikasi pedagang nakal. Mereka memanfaatkan moment pergantian tahun baru untuk menaikan harga secara sepihak.

"Pertama ada perbedaan harga disinyalir karena permainan disuplayer distributor. Contohnya cabai beda beda harga di pedagang teryata ditelusuri karena dari luar wilayah kita barangnya, distributornya jadi ada persaingan harga. Kami kan upayakan komoditas lokal nantinya yang dijual di pasar tradisional," ucap Iwan.

Hasil dari sidak tersebut, ditemukan adanya kenaikan di beberapa komoditas. Diantaraya, harga cabai, bawang tomat dan telur ayam alami kenaikan antara 20 hingga 100 persen dari biasanya.

Contohnya, harga cabai rawit menembus harga Rp 100 ribu perkilogram, bawang merah putih mencapai 25 ribu perkilogram, serta telur ayam mencapai 30 ribu perkilogram.

"harga cabai rawit pak sampai 100 ribu. Telur ayam juga naik. Ada beberapa komoditas lain yang mengalami kenaikan, " tambah Iwan.

Sementara itu, Kapolres Tasikmalaya AKBP Rimsyahtono yang ikut dalam sidak mengatakan, Kepolisian pastikan akan menindak tegas pedagang dan distributor yang menimbun kebutuhan pokok untuk keuntungan pribadi. Petugas melakukan penelusuran harga hingga tingkat distributor dan suplayer.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Musim Pancaroba, Hati-hati Dengan Penyakit Ini

Rabu, 29 Desember 2021 | 20:10 WIB

Terpopuler

X