Ini Kerajinan Khas Tasikmalaya yang Wajib Dimiliki

- Selasa, 19 Juli 2022 | 15:52 WIB
Bordir, kerajinan khas Kota Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)
Bordir, kerajinan khas Kota Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

 

TASIKMALAYA, AYOTASIK.COM - Setiap kota/kabupaten, tentunya mempunyai produk unggulan. Baik produk olahan makanan, produk furnitur, kerajinan, maupun produk pakaian. Seperti halnya Tasikmalaya yang mempunyai produk kerajinan yang menjadi ikon Tasikmalaya. Bahkan, hasil buah karya warga Tasikmalaya itu, menembus pasar mancanegara.

Berikut, kerajinan-kerajinan yang menjadi khas Tasikmalaya :

1. Bordir Tasik

Bordir merupakan salah satu kerajinan khas Tasikmalaya. Bordir merupakan sulaman yang menggunakan benang, logam, manik-manik atau payet pada media kain yang dijahit dengan menggunakan jarum. Sentra bordir, berada di Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya.  Produk bordir yang dihasilkan lebih didominasi pakaian muslim, seperti baju koko, mukena, kerudung dan lainnya.

Kerajinan bordir di Tasikmalaya kali pertama muncul pada tahun 1925 di Desa Tanjung, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya. Warga bernama Hj. Umayah merupakan Perintis bordir. Ia mempelajari bordir saat bekerja diluar negeri.

Saat kembali ke kampung halaman, Ia pun membuka usaha bordir secara mandiri. Ia juga membagikan ilmu bordir kepada keluarga dan tetangganya. Bordir pun semakin berkembang dan diwariskan secara turun temurun.

2.Payung Geulis

Payung Geulis, kerajinan khas Kota Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)


Kerajinan yang juga menjadi ciri khas Tasikmalaya yaitu Payung Geulis. Sentra payung geulis berada di Kelurahan Panyingkiran, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya. Payung geulis, pertama kali di buat oleh Muhi, warga Panyingkiran sekitar tahun 1930-an.

Payung Geulis  dibuat dengan menggunakan bahan sederhana. Rangkanya terbuat dari bambu. Kemudian, rangka dipasang kain atau kertas khusus dan ujung payung dirapikan menggunakan kanji. Agar lebih cantik alias geulis, payung dihiasi berbagai sentuhan warna warni bergambar motif bunga atau motif alam.

Hebatnya lagi, emua proses pembuatan payung geulis dibuat secara manual dengan buatan tangan atau handmade, kecuali gagang payung yang dibuat dengan menggunakan mesin.

3. Kelom Geulis

Kelom Geulis, kerajinan khas Kota Tasikmlaya. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)


Selain payung geulis, Kelom  geulis juga menjadi kerajinan tangan khas Tasikmalaya. Kelom merupakan sandal yang terbuat dari kayu yang dapat digunakan oleh pria dan wanita. Sandal yang berbahan kayu tersebut, biasanya memiliki hak dibagian belakang.

Sabut sebagai pengikat kelom biasanya menggunakan kulit hewan. Agar lebih cantik dan enak dipandang, pada kelom geulis diberi pahatan bermotif bunga atau alam. Selanjutnya pahatan dilukis dengan beraneka warna sehingga terlihat lebih geulis.
 
Sentra Kelom Geulis berada di wilayah Gobras, Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya.

4. Kerajinan Mendong

Kerajinan Bok Mendong (mendongjava.com)


Kerajinan lainnya yakni Kerajinan mendong yang ada di Kelurahan Singkup, Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya. Bahkan, kerajinan mendong ini sudah rutin dikirim setiap bulan ke mancanegara seperti Eropa, Amerika Serikat dan negara-negara di Asia Timur, yakni Jepang dan Korea Selatan.

Kerajinan mendong yang dikirim ke beberapa negara itu berbagai jenis. Antara lain handicrafts furnishing & hospitality, sandal, placemat, tray, tissue box, decotarive box, dust bin, dan produk furnitur.

5. Batik

Batik Tasik, kerajinan khas Kota Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

Selain Solo di Jawa Tengah, Tasikmalaya juga punya batik khasnya sendiri. Kelurahan Nagarasari, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya menjadi sentra batik Kota Tasikmalaya. Puluhan perajin batik, baik batik tulis maupun batik ada di wilayah tersebut.

Batik Tasikmalaya mempunyai ciri khas sendiri, yakni motif merak ngibing atau merak menari. Pada motif batik merak ngibing ini menggambarkan dua ekor burung merak yang berhadapan dengan ekor yang mengembang. Batik ini memiliki kesan dinamis. Batim Tasik sendiri lebih kental dengan corak dan warna yang menonjol.

6. Kerajinan Bambu

Keranjang, salah satu kerajinan Bambu Desa Cidagog, Kabupaten Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

Ini Kerajinan Khas Tasikmalaya yang Wajib Dimiliki

Selasa, 19 Juli 2022 | 15:52 WIB

Ini Tempat Wisata Rekomended di Tasikmalaya

Jumat, 8 Juli 2022 | 19:47 WIB

Sastra Sunda: CINTA NU KARI 10%

Selasa, 14 Desember 2021 | 12:33 WIB

Kedai Kopi 77 Tempat Ngopi Outdoor di Kota Tasikmalaya

Minggu, 12 Desember 2021 | 20:35 WIB

Sastra Sunda: HAMPURA DEWEK, EUY!

Senin, 29 November 2021 | 17:08 WIB

Cerita Pendek: PEREMPUAN DAUN PISANG

Sabtu, 20 November 2021 | 08:39 WIB

Sastra Sunda: MAPAG UDAT-UDAT BALEBAT

Rabu, 15 September 2021 | 11:53 WIB
X