Memasuki Tahun Baru Islam 1 Muharram, Ini Doa yang Dibaca Rasulullah SAW

- Jumat, 29 Juli 2022 | 08:25 WIB
Memasuki 1 Muharram 1444 H, kita dianjutkan untuk berdoa. (Ayobandung.com/Herawati Ningsih)
Memasuki 1 Muharram 1444 H, kita dianjutkan untuk berdoa. (Ayobandung.com/Herawati Ningsih)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Berdasarkan kalender pemerintah, pada 30 Juli besok, bertepatan dengan 1 Muharram 1444 Hijriyah. Memasuki pergantiian tahun baru dalam islam ini, Ada baiknya kita mengakhiri tahun dengan pengakuan dosa dan permohonan ampun kepada Allah SWT. Dan baik pula kita memohon kepada Alloh pada awal tahun baru besok.

Ada doa yang dipanjatkan oleh Rasulullah SAW pada saat akhir dan awal tahun, berikut doanya:

Doa akhir tahun :

 

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Artinya, “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku.

Doa yang dibaca sebanyak tiga kali ini diharapkan menjadi akhir tahun yang baik.

Doa awal tahun :

 

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Sumber: NU Online

Tags

Terkini

Ingin Kulit Tetap Awet Muda, Lakukan Kebiasaan Ini

Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:16 WIB

Ini Adab Berdoa Menurut Imam An-Nawawi

Selasa, 9 Agustus 2022 | 18:54 WIB
X