Mimpi Ibadah Haji dan Umroh, Ini Maknanya

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 20:43 WIB
[Ilustrasi] Arti Mimpi Ibadah Haji dan Umrah (Saudi Ministry of Media via AP)
[Ilustrasi] Arti Mimpi Ibadah Haji dan Umrah (Saudi Ministry of Media via AP)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Mayoritas umat Islam tentunya menginginkan untuk melaksanakan ibadah haji atau umroh ke tanah suci Mekkah. Bahkan, tidak jarang keinginan itu ibadah haji dan umroh tersebut masuk ke dalam mimpi saat tidur.

Dilansir dari NU online, dalam kitab Mu'jam Tafsirul Ahlam, Syekh Muhammad Ibnu Sirrin menjelaskan beberapa makna mimpi ibadah haji atau umroh. Jika mimpi melaksanakan ibadah haji pada musim haji,   ia akan diberikan anugerah untuk bisa melaksanakan ibadah haji walaupun secara perhitungan logika tidak memungkinkan.

Masih menurut Syekh Muhammad Ibnu Sirrin, jika orang yang sedang sakit mimpi melaksanakan ibadah haji, maka ia akan segera sembuh. Jika sedang terlilit utang akan segera terlunasi. Jika hati dan pikirannya dalam keadaan cemas maka ia akan selamat dari bahaya.

Baca Juga: Libur Tahun Baru Islam, Vaksinasi Tetap Berjalan

Selain itu, saat mendapatkan kesulitan lantas mimpi ibadah haji, maknanya akan segera mendapat kemudahan. Jika sedang bepergian, ia akan selamat di perjalanan. Jika merupakan seorang pedagang, ia akan mendapat keuntungan. Jika dimakzulkan, ia akan mendapatkan kembali kedudukannya, dan jika orang yang bermimpi itu sedang tersesat maka ia akan segera mendapatkan petunjuk.

Sementara jika bermimpi melaksanakan ritual-ritual haji, Syekh Muhammad Ibnu Sirrin berpendapat bahwa jika seseorang mimpi melaksanakan Tawaf mengelilingi Ka'bah, ia akan mendapatkan sebuah tugas mulia dari atasan atau tokoh masyarakat. Jika seseorang bermimpi tawaf mengelilingi Makkah, ia akan mendapatkan sebuah kehormatan.

Jika mimpi tawaf dengan menunggang kuda maka ia akan bertemu dengan mahramnya. Jika seseorang mimpi sedang membacakan kalimat talbiyah di Tanah Haram, ia akan unggul atau menang dari ancaman musuhnya serta akan aman dari ketakutan.

Baca Juga: Memasuki Tahun Baru Islam 1 Muharram, Ini Doa yang Dibaca Rasulullah SAW

Selanjutnya, jika seseorang mimpi seakan telah mampu melaksanakan ibadah haji tapi malah mengabaikannya, hal itu menunjukkan ada pengkhianatan amanah dan tidak bersyukur atas karunia serta nikmat dari Allah.

Jika mimpi seolah-olah berada di hari Arafah, dia akan bersilaturahim dengan kerabatnya dan berdamai dengan musuh. Jika orang yang mimpi tersebut memiliki kerabat yang jauh dan lama pergi, dia akan segera kembali sebab Allah mempersatukan Nabi Adam dan Siti Hawa di Arafah.

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Sumber: NU Online

Tags

Terkini

Ingin Kulit Tetap Awet Muda, Lakukan Kebiasaan Ini

Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:16 WIB

Ini Adab Berdoa Menurut Imam An-Nawawi

Selasa, 9 Agustus 2022 | 18:54 WIB
X