KPAID Sebut Kabupaten Tasik Ramah Anak, Ini Alasannya

- Senin, 1 Agustus 2022 | 15:52 WIB
Forum Group Discussion (FGD) Perlindungan Anak Di Kabupaten Tasikmalaya (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)
Forum Group Discussion (FGD) Perlindungan Anak Di Kabupaten Tasikmalaya (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM - Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kabupaten Tasikmalaya menilai bahwa Kabupaten Tasikmalaya sudah ramah anak. Hal itu dilihat dari diraihnya tingkat madya dalam status ramah anak tingkat Kabupaten.

"Kita di level madya, saya kira Kabupaten Tasikmalaya ini sudah ramah anak," kata Ato Rinanto sesuai menghadiri Fokus Group Discussion (FDG) Perlindungan Anak Di Kabupaten Tasikmalaya, Senin 1 Agustus 2022.

Menurut Ato, meskipun diakui kasus anak di Kabupaten Tasikmalaya meningkat, namun sejauh ini, penanganan kasus-kasus yang melibatkan anak sangat baik dan kompak. Karena kata Ato, selam dunia masih ada, berbagai kasus anak ini akan masih terus ada dan ditemukan di manapun.

Baca Juga: Anak Pelaku Perundungan Di Tasikmalaya Belajar Secara Daring

"Karena menurut saya, meskipun kasus meningkat tetapi ketika ada kasus semua pihak ikut terlibat dalam penanganannya itu sudah ramah anak, " ungkap Ato.

Adapun peningkatan kasus yang melibatkan anak, lanjut Ato, ada beberapa faktor salah satunya yakni faktor kesadaran masyarakat. Saat ini, banyak masyarakat yang melapor dan mereka sudah mengetahui bahwa laporan itu tidak bayar, bahkan pemerintah memfasilitasinya.

Sementara itu, Ketua harian Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A)  An'an Yuliati mengatakan sejak tahun 2018, kasus kekerasan anak terus meningkat. Pada tahun 2018, terjadi 36 kasus kekerasan terhadal anak.

Baca Juga: Tingkatkan Potensi Zakat, Baznas Kabupaten Tasik Gandeng PGRI

Angka itu, meningkat pada tahun 2019 menjadi 49 kasus, tahun 2020 terjadi 100 kasus, tahun 2021 94 kasus dan tahun 2020 hingga bulan Juli tercatat ada 48 kasus.

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

Diduga Akan Mencuri Motor, Seorang Pria Diamuk Massa

Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:09 WIB
X