Mimpi Gigi Copot atau Goyang, Ini Maknanya

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 19:08 WIB
Ilustrasi -- Makna saat mimpi gigi copot atau goyang (pixabay)
Ilustrasi -- Makna saat mimpi gigi copot atau goyang (pixabay)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM - Mungkin dari kita pernah mengalami mimpi gigi copot atau goyang. Dalam kitab Tafsir al-Ahlam, Ibnu Sirin mengemukakan makna mimpi tersebut, yakni berkaitan dengan sakit dan meninggal dunia.

Dalam kitabnya itu, Ibnu Sirin menjelaskan :

وحركة بعض الأسنان دليل على ما هو تأويله في المرض وسقوطه وضياعه دليل على موته أو غيبته عنه غيبة من لايعود إليه

Mimpi sebagian gigi goyang menunjukkan arti ada seseorang yang sakit. Sedangkan mimpi copotnya gigi atau hilangnya gigi menunjukkan matinya seseorang atau perginya seseorang layaknya perginya orang yang tak akan kembali padanya”.

Lebih lanjut Ibnu Sirin menjelaskan, orang yang sakit atau meninggal tergantung gigi bagian mana yang copot atau goyang. Jika gigi bagian atas copot atau goyang, bermakna akan meninggal atau sakit adalah anggota keluarganya yang laki-laki. Sedangkan gigi bagian bawah, berarti anggota keluarganya yang perempuan.

Baca Juga: Ini Doa Saat Kehilangan Barang

Selajutnya, jika gigi taring copot bermakna orang yang dituakan atau menjadi kepala keluarga di rumahnya. Jika gigi seri bagian kanan maka itu berarti ayah. Jika gigi seri bagian kiri maka itu berarti paman, namun jika keduanya (ayah dan paman) sudah meninggal maka kedua gigi tersebut berarti saudara laki-laki atau anak laki-laki. Jika keduanya juga tidak ada atau telah meninggal maka diartikan dua teman yang akrab dengan orang yang bermimpi gigi copot tersebut.

Sedangkan gigi yang copot dalam mimpi adalah gigi berada di antara gigi seri dan gigi taring yang bagian atas maka diartikan orang itu adalah anak dari paman. Jika gigi yang copot adalah gigi yang tampak saat tertawa atau gigi yang berada di samping gigi taring, diartikan orang itu adalah paman dan bibi yang merupakan saudara ibu dan orang yang berkedudukan layaknya paman dan bibi tersebut dalam hal memberi nasihat.

Jika gigi yang copot adalah gigi geraham maka itu berarti kakek atau anak laki-laki. Sedangkan jika gigi yang copot adalah gigi seri bawah yang bagian kanan maka itu berarti Ibu, jika gigi seri bawah yang bagian kiri maka itu berarti bibi dari jalur ayah. Jika keduanya ternyata sudah meninggal maka kedua gigi tersebut diartikan dua saudara perempuan atau dua anak perempuan atau orang yang berada di posisi tersebut.

Baca Juga: Pelajar Jadi Sasaran Vaksinasi di Tasikmalaya Utara

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Sumber: NU Online

Tags

Terkini

Ingin Kulit Tetap Awet Muda, Lakukan Kebiasaan Ini

Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:16 WIB

Ini Adab Berdoa Menurut Imam An-Nawawi

Selasa, 9 Agustus 2022 | 18:54 WIB
X