Desa Guranteng, Sentra Sapi Perah di Tasikmalaya

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 19:36 WIB
Kepala Desa Guranteng Kecamatan Pagerageung Endang Bahrum (Istimewa)
Kepala Desa Guranteng Kecamatan Pagerageung Endang Bahrum (Istimewa)

PAGERAGEUNG, AYOTASIK.COM -  Di Kabupaten Tasikmalaya terdapat satu wilayah penghasil susu sapi berkualitas yakni di Desa Guranteng Kecamatan Pagerageung. Banyaknya pengusaha sapi perah di desa yang berada di Kabupaten Tasikmalaya Utara ini, menjadikan Desa Gurenteng sebagai sentra sapi perah di Tasikmalaya yang banyak dikunjungi wisatawan.

Kepala Desa Guranteng Endang Bahrum mengatakan, sejumlah pengusaha sapi perah di daerahnya mampu menghasilkan susu sapi sebanyak 7.000 liter perhati. Jumlah itu, dikirim untuk memenuhi kebutuhan pabrik susu kemasan.

Endang Bahrum menambahkan, pihaknya terus berupaya mengembalikan kejayaan Desa Guranteng sebagai penghasil susu sapi terbesar seperti tahun 1980 an. Dimana saat itu, susu yang dihasilkan bisa mencapai 20.000 liter susu perhati.

Baca Juga: Mimpi Gigi Copot atau Goyang, Ini Maknanya

"Kami terus berupaya, mengembalikan kejayaan desa kami sebagai penghasil susu sapi terbesar. Seperti tahun 1980, dengan produktivitas mencapai 20 ribu liter per hari. Kami ingin menjadi lumbung susu sapi terbesar di Jawa Barat," ujar Endang Bahrum.

Ditambahkan Endang Bahrum, sapi perah yang dipelihara warga dan dikelola oleh koperasi tidak hanya menghasilkan produksi susu. Melainkan, dikelola dari hulu hingga hilir. Artinya, kata Endang, warga membudidayakan pakcong sebagai pakan sapi yang juga banyak dipesan daerah lain,

“Hingga pemanfaatan kotoran sapi untuk biogas, yang nantinya akan dinikmati masyarakat," kata Endang Bahrum.

Baca Juga: Pelajar Jadi Sasaran Vaksinasi di Tasikmalaya Utara

Dengan cara pengelolaan dari hulu sampai hilir, lanjut Endang, warga tidak terlalu kesulitan dalam memenuhi pakan ternak sapi serta tidak bingung dengan kotoran sapi yang sulit dibuang.

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

X