Marak Rokok Ilegal, Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya Ajak Masyarakat Ikut Berantas

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 18:24 WIB
Satpol PP Kabupaten Tasik Ajak Masyarakat Ikut Berantas Rokok Ilegal (Istimewa)
Satpol PP Kabupaten Tasik Ajak Masyarakat Ikut Berantas Rokok Ilegal (Istimewa)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM –  Satuan Polisi Pamong Praja (Satpo PP) Kabupaten Tasikmalaya mengajak masyarakat untuk ikut memberantas rokok ilegal. Hal itu berdasarkan pada informasi yang disampaikan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C (TMP C) Tasikmalaya, peredaran rokok ilegal di Kabupaten Tasikmalaya cukup banyak.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tasikmalaya Dadang Tabroni mengatakan, Satpol PP berkewajiban untuk memberantas rokok illegal. Sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 23/2014 tentang Pemerintah Daerah Pasal 255 ayat 1,  yang mana Satpol PP dibentuk untuk menegakkan perda dan perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat,.

“Perlu dipahami bagi peserta yang hadir di sini, para camat, kades, masyarakat, dan pengusaha harus memahami peredaran rokok ilegal yang begitu luar biasa. Maka kami perlu melakukan penegakan. Satpol PP di sini membantu cukai, cukai bertindak sebagai penegak Undang-Undang, Satpol PP di sini sebagai penegak perda,” tutur Dadang Tabroni seusai menghadiri Sosialisasi Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati serta Ketentuan tentang Barang Kena Cukai Hasil Tembakau (BKCHT) Ilegal di Kantor Desa Arjasari, Kecamatan Leuwisari, Rabu 3 Agustus 2022.

Baca Juga: Raperda Perlindungan Nelayan Harus Direalisasi, Ucu Mulyadi : Demi Masa Depan Nelayan

Ditambahkan Dadang, banyaknya peredaran rokok illegal, karena masyarakat tidak paham mengenai jenis dan juga sanksi hukum terkait  rokok illegal tersebut. Oleh karena itu, melalui sosialisasi, masyarakat diharapkan mengetahui terkait jenis-jenis rokok ilegal hingga sanksi bagi penjual dan pembeli rokok tersebut.

“Masyarakat harus sadar hukum, bahwa yang membeli, memproduksi, dan mengedarkan rokok ilegal ini bisa kena sanksi hukum. Makanya kita perlu sampaikan kepada masyarakat terkait sosialisasi ini, untuk jenis-jenisnya dan sanksinya akan disampaikan secara rinci oleh Bea Cukai Tasikmalaya,” ucap Dadang.

Menurut Dadang, Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya telah membentuk Tim Pelaksana Kegiatan dan Sekretariat Kegiatan Penegakan Peraturan Daerah Kabupaten/Kota Dan Peraturan Bupati/Wali Kota Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) TA 2022.  Hal itu berdasarkan SK Bupati Tasikmalaya Nomor 500/Kep.139-Ekbang/2022 Tentang Pembentukan Tim Koordinasi Pengelola Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Tahun Anggaran 2022. Tim ini dibentuk untuk membantu Bea Cukai Tasikmalaya dalam memberantas rokok ilegal.

Baca Juga: Pelaku Perundungan di Singaparna Dikembalikan Ke Keluarga

“Pemberantasan rokok ilegal ini diawali dengan sosialisasi. Nanti selain tatap muka, sosialisasi akan disampaikan melalui media supaya masyarakat lebih memahami mengenai rokok ilegal. Setelah sosialisasi, nanti akan ada pengumpulan informasi, namun kita tidak akan menyampaikan kapan pul info dilaksanakan,” ucap Dadang.

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

Diduga Akan Mencuri Motor, Seorang Pria Diamuk Massa

Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:09 WIB
X