Masa Pendaftaran Parpol Terpusat di KPU RI, KPU Daerah Tetap Siaga

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 12:13 WIB
Masa Pendaftaran Parpol Terpusat di KPU RI, KPU Daerah Tetap Siaga (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)
Masa Pendaftaran Parpol Terpusat di KPU RI, KPU Daerah Tetap Siaga (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM - Aktivitas di KPU Kabupaten Tasikmalaya tampak normal dan belum terlihat sibuk berbeda dengan masa tahapan pada Pemilu sebelum-sebelumnya. Meskipun, masa pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2024 sudah dimulai sejak 1 Agustus 2022 kemarin,

Hal tersebut seiring dengan pendaftaran partai politik peserta pemilu dilakukan secara online melalui Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) KPU RI. Sehingga tidak ada lagi pemandangan para pengurus partai politik berbondong-bondong datang ke kantor KPU di kabupaten/kota sambil membawa setumpuk berkas syarat-syarat pendaftaran.

"Tidak ada lagi pendaftaran seperti di pemilu tahun-tahun sebelumnya. Sebab kini partai politik mendaftar langsung dengan mengakses SIPOL di KPU RI," ujar Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Jajang Jamaludin Kamis 4 Agustus 2022.

Baca Juga: Lansia Antusias Datangi PKM Untuk Divaksin

Dengan sistem pelaksanaan pemilu saat ini, kata Jajang, sangat meringankan dan memudahkan tugas-tugas KPU di daerah secara teknis. Sehingga beban kerja pada tahapan ini pun dinilai lebih ringan. Sebab segala tugas yang biasanya dilakukan di daerah atau KPU Kabupaten/kota kini diambil alih oleh KPU RI.

Seperti pendaftaran dan penetapan partai politik peserta pemilu, itu dilakukan oleh KPU RI. Hanya pada tahapan verifikasi partai politik saja, KPU di kabupaten/kota yang dilibatkan. Itu pun jika ada permintaan atau perintah dari KPU RI guna melakukan verifikasi faktual ke lapangan terkait keberadaan partai politik yang dimaksud.

"Ternyata setelah kami terus mengikuti rakor bersama KPU RI dan KPU Provinsi Jawa Barat, ternyata pada tahapan pendaftaran dan penetapan partai politik itu oleh KPU RI. Sementara membantu KPU RI jika diminta untuk melakukan verifikasi faktual ke lapangan. Kami selalu siaga dan stand by menerima perintah KPU RI," ujar Jajang.

Baca Juga: Aturan Waktu Tidur Dalam Islam, Ini Penjelasannya

Terkait pendaftaran partai politik, KPU RI membagi tiga kategori partai yang akan mendaftar. Dimana kategori pertama yakni partai politik yang telah lolos parliamentary threshold atau ambang batas parlemen dan memiliki kursi di DPR RI. Partai ini jumlahnya ada 9 partai politik. Pasca mendaftar, maka partai kategori ini hanya dilakukan verifikasi administrasi saja, tanpa verifikasi vaktual ke lapangan.

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

Diduga Akan Mencuri Motor, Seorang Pria Diamuk Massa

Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:09 WIB
X