Padagang Akseseoris Hari Kemerdekaan RI Mulai Ramaikan Taman Alun-Alun Singaparna

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 18:30 WIB
Taman Alun-Alun Singaparna Mulai diramaikan pedagang musiman aksesoris Hari Kemerdekaan RI (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)
Taman Alun-Alun Singaparna Mulai diramaikan pedagang musiman aksesoris Hari Kemerdekaan RI (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Dalam empat hari terahir, area Taman Alun Alun Singaparna Kabupaten Tasikmalaya diramaikan oleh pedagang bendera, umbul-umbul dan segala pernak pernik untuk merayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus mendatang. Para pedagang musiman tersebut, memajang dagangan mereka di pagar Alun-alun, trotoar jalan hingga taman pedesterian jalan.

Meski perayaan HUT Kemerdekaan RI ini hanya tinggal hitungan hari, para pedagang bendera ini mengaku, penjualan belum menunjukan adanya kenaikan omset. Mereka memprediksi jika hal itu dipengaruhi beberapa faktor, mulai dari belum beranjaknya perekonomian masyarakat, hingga makin banyaknya pedagang serupa yang berjualan di tahun ini.

" Saya mulai berjualan disini sejak seminggu lalu. Bahkan pernah pada awal-awal, dua hari pertama berjualan, tidak ada satu pun bendera atau umbul-umbul yang laku," kata Jajang (52) salah seorang pedagang bendera di kawasan Alun-alun Singaparna, Kamis 4 Agustus 2022.

Baca Juga: Kejari Kabupaten Tasik Bidik Pemotongan Dana PIP, Kerugian Ditaksir Milyaran Rupiah

Jajang yang merupakan warga Kecamatan Cigalontang ini menambahkan, ia sudah berjualan bendera dan perlengkapan agustusan lebih dari 10 tahun. Sehari-hari, dirinya bekerja sebagai pengrajin anyaman kerajinan bambu di kampungnya. Akan tetapi setiap bulan Agustus, ia bersama istrinya banting profesi sebagai pedagang bendera.

Dalam sehari, tambah Jajang, ia baru mampu mengantongi untung bersih Rp 50.000 sampai Rp 100.000 perhari. Dari setiap barang yang dijual, ia hanya mengambil untung Rp 2.000 hingga Rp 10.000. Sementara barang-barang yang dijualnya diambil dari bandar dengan sistem bayar untuk jumlah barang yang laku.

"Jadi kalau tidak laku, nanti dikembalikan lagi ke bos. Kita mah hanya bantu jualkan saja," ucap Jajang.

Untuk harga perlengkapan agustusan yang dijual bervariasi, tergantung jenis dan besaran. Bendara misalnya, dijual Rp 20.000 hingga Rp 50.000. Begitu pun dengan umbul-umbul. Sementara untuk background berlambang garuda, ia jual seharga Rp 150.000 - Rp 200.000.

Baca Juga: bank bjb syariah Buka Kantor Fungsional Pelayanan Haji dan Umrah di Kemenag Kabupaten Pandeglang

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

Diduga Akan Mencuri Motor, Seorang Pria Diamuk Massa

Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:09 WIB
X