Kabupaten Tasikmalaya Punya 2 RSU, Idealkah?

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 19:38 WIB
RSUD Singaparna Medika Citrautama (SMC) di Kabupaten Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)
RSUD Singaparna Medika Citrautama (SMC) di Kabupaten Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya saat ini baru mempunyai dua Rumah Sakit Umum (RSU) yakni RSUD Singaparna Medika Citrautama (SMC) dan RSIA Respati. Dari dua RSU itu, ada 250 tempat tidur untuk merawat para pasien.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Subagia mengatakan, hitungan ideal dengan jumlah penduduk 1,8 juta lebih, Kabupaten Tasikmalaya setidaknya harus memiliki 6 Rumah sakit type D atau sekitar 1.800 tempat tidur.

“Pemkab Tasikmalaya baru mempunyai 250 tempat tidur yang berada di RSUD Singaparna Medika Citrautama (SMC) dan RSIA Respati Kabupaten Tasikmalaya. Jumlah itu, belum cukup ideal untuk mengkover penduduk Kabupaten Tasikmalaya 1,8 juta jiwa,” kata Subagia beberapa waktu lalu.

Subagia menambahkan, kalkulasi atau jumlah ideal jumlah tempat tidur di RS itu yakni 1 orang penduduk berbanding 10.000 tempat tidur. Artinya, Kabupaten Tasikmalaya masih kekurangan 1.550 tempat tidur.

Dilansir dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya hanya mempunyai 48 Puskesmas, 48 Poliklinik dan 152 Pustu. Namun jumlah itu belum cukup memenuhi kabutuhan tempat tidur pasien.

Menanggapi kondisi itu, Komisi IV DPRD Kabupaten Tasikmalaya mendorong pembangunan rumah sakit di 4 titik yakni Kecamatan Manonjaya, Ciawi, Karangnunggal dan Cikatomas. Jika belum memungkinkan, ada opsi lain yang bisa dilakukan Pemkab Tasikmalaya dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asop Sopiudin mengatakan, opsi itu, pertama, pemerintah harus mengintensifkan keberadaan Puskesmas yang ada di setiap Kecamatan. Opsi kedua, pemerintah harus fokus menyiapkan anggaran dari APBD maupun pengajuan bantuan kepada Provinsi ataupun pusat untuk pembangunan 4 rumah sakit.

Opsi ketiga yakni, akselerasi peningkatan. Dimana rencana pembangunan rumah sakit di 4 titik berjalan dan peningkatan sarana prasarana Puskesmas pun digarap.

"Semua saya rasa bisa terlayani dengan baik. Artinya, tidak ada lagi warga yang kesulitan dalam mengakses pelayanan kesehatan," ucap Asop.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Ibu Kota Kabupaten Tasikmalaya Butuh Sentuhan

Jumat, 24 September 2021 | 17:46 WIB

Volume Sampah Kabupaten Tasik Capai 900 Ton Setiap Hari

Jumat, 24 September 2021 | 14:23 WIB

Tata Cara Salat Dhuha dan Doa Setelahnya

Jumat, 24 September 2021 | 11:05 WIB

Buang Sampah Sembarangan di Tasikmalaya Bakal Kena Denda

Kamis, 23 September 2021 | 16:34 WIB

Dari Paniis Tasikmalaya, Kerajinan Bambu Tembus ke Eropa

Kamis, 23 September 2021 | 14:12 WIB
X