4 Kerajinan Khas Kota Tasikmalaya

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 20:20 WIB
Payung Geulis, kerajinan khas Kota Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)
Payung Geulis, kerajinan khas Kota Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

BUNGURSARI, AYOTASIK.COM -- Kerajinan merupakan hobi atau pekerjaan yang membutuhkan kemampuan dan pengetahuan tertentu untuk menciptakan karya secara terampil. Orang yang menggeluti bidang ini disebut perajin.

Di Kota Tasikmalaya, kerajinan menjadi salah satu identitas suatu daerah. Berbagai jenis kerajinan dihasilkan dari kota berjuluk kota santri ini.

Berikut ini kerajinan khas Kota Tasikmalaya yang populer bahkan menjadi ikon Kota Tasikmalaya.

Payung Geulis
Payung Geulis merupakan ikon dari Kota Tasikmalaya. Payung merupakan alat pelindung dari hujan dan panas. Sedangkan Geulis memiliki arti elok atau molek, sehingga Payung Geulis memiliki arti payung cantik yang bernilai estetis.

Di Kota Tasikmalaya, Payung Geulis mulai diproduksi oleh salah seorang tokoh masyarakat di wilayah Kelurahan Panyingkiran, Kecamatan Indihiang, pada tahun 1930-an.

Orang tersebut adalah H. Muhi. Ia merupakan salah satu tokoh yang memiliki perekonomian cukup memadai. Ia membuat sendiri payung dari kertas yang digunakan untuk pergi ke ladang pada saat panas dan hujan.

Apa yang dilakukan H. Muhi tersebut menjadi inspirasi bagi warga lainnya yang kemudian membuat payung yang sama. Kemudian ia berpikir untuk menjadikan komoditas usaha sehingga mulailah memproduksi payung dan menjadi parajin.

Payung Geulis ini rangkanya terbuat dari bambu. Setelah dirangkai dan dipasangi kain dan kertas, ujung payung dirapikan dengan menggunakan kanji. Agar menarik, rangka bagian dalam diberi benang warna–warni. Proses ini disebut ngararawat.

Proses pembuatan payung ini bergantung pada sinar matahari, karena setelah diberi kanji, payung dijemur hingga keras. Payung kemudian diberi warna, serta dilukis dengan corak bunga.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Sastra Sunda: MAPAG UDAT-UDAT BALEBAT

Rabu, 15 September 2021 | 11:53 WIB

Cerita Pendek: TATAPAN MATA

Selasa, 31 Agustus 2021 | 12:17 WIB

4 Kerajinan Khas Kota Tasikmalaya

Jumat, 13 Agustus 2021 | 20:20 WIB
X