Komisi 2 DPRD Harapkan, Pemkab Segera Ambil Langkah Terkait Pasar Ciawi

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 13:44 WIB
Puing-puing pasca terbakarnya Pasar Ciawi. (Irpan Wahab Muslim)
Puing-puing pasca terbakarnya Pasar Ciawi. (Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Sekretaris Komisi 2 DPRD Kabupaten Tasikmalaya Hidayat Muslim meminta, pemerintah daerah Kabupaten Tasikmaya diharapkan langkah cepat mencari solusi pasca-terbakarnya Pasar Ciawi pada Minggu, 15 Agustus 2021 lalu.

Baca Juga: Kerugian akibat Kebakaran Pasar Ciawi Tasikmalaya Ditaksir Lebih dari Rp3,2 Miliar

Langkah cepat itu diperlukan mengingat pasar yang terbakarnya itu berkaitan dengan hajat hidup dan kelangsungan puluhan pedagang yang menjadi korba atas musibah tersebut.

"Pemkab Tasikmalaya untuk segera merelokasi sementara itu pasar Ciawi. Minimal ketika masyarakat menggantungkan hidupnya di situ, pemerintah hadir. Harus secepatnya," kata Hidayat Muslim, Kamis 19 Agustus 2021.

Gerak cepat itu, lanjut Hidayat, bisa berupa merelokasi Pasar Ciawi atau menempatkan sementara para pedagang yang kiosnya habis terbakar. Sehingga para pedagang yang punya kios, pedagang kaki lima bisa kembali berjualan dan menyambung hidup mereka. "Nasib para pedagang ini terabaikan terlalu lama. Apalagi di masa sulit akibat pandemi Covid-19, di mana masyarakat sangat menggangungkan hidupnya disana," tambah Hidayat.

Sementara itu, Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi bersama para SKPD terkait dalam upaya langkah cepat penanganan pasca-kebakaran yang terjadi di Pasar Ciawi.

Di mana pihaknya akan bergerak manakala penyelidikan dari Puslabfor Polda Jawa Barat untuk mencari penyebab kebakaran selesai dilakukan, maka pihaknya segera bergerak.

"Saya sudah ngobrol sama Himpunan Pedagang Pasar Ciawi. Nanti setelah beres oleh Polda dan sudah beres dibersihkan, maka kita gotong royong bersih-bersih," jelas Cecep.

Ia pun telah meminta Dinas PUPR untuk melakukan pengecekan kondisi bangunan yang terbakar. Jika masih bisa dipakai, bisa kembali berjualan d isana dan hanya merapihkan atapnya saja. Untuk sumber anggarannya bisa diambil dari Bantuan Tidak Terduga (BTT).

Proses ini, diharapkan Cecep tidak akan terlalu lama. Sehingga ia menargetkan dalam jangla waktu 2 minggu atau sebulan ini bisa segera selesai. Sehingga roda perekonomian pedagang di Pasar Ciawi bisa kembali bergerak.

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

5 Tokoh Santri dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 12:17 WIB

Empat Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:11 WIB
X