Siapkan Cadangan Beras 100 Ton, Pemkot Tasik akan Jalin Kerja Sama dengan Bulog

- Selasa, 28 Februari 2017 | 16:00 WIB
Ilustrasi beras Bulog. Antara
Ilustrasi beras Bulog. Antara

TASIK, AYOTASIK.COM -- Dinas Ketahanan Pangan Kota Tasikmalaya akan lakukan kerja sama dengan Bulog guna ketersediaan cadangan pangan khususnya beras sebanyak 100 ton di kota tersebut.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tasikmalaya, Rahmat Mahmuda, mengatakan ada dua program kerja sama yang direncanakan. Pertama, cadangan pangan daerah yaitu berupa beras sebanyak 100 ton. Kedua, pengembangan rumah pangan.

"Jadi Bulog nanti akan menjual sembako dibawah harga pasar," katanya kepada AyoTasik, baru-baru ini.

Ia menuturkan sebagai contoh beras yang dipasar harganya sekitar Rp 9.000 sampai Rp 10.000, dijual Bulog sekitar Rp 8.600 dengan kualitas medium. Lalu, akan dibentuk rumah pangan.

"Rumah pangan ini bentuknya bisa koperasi, masyarakat atau gapoktan. Namun, yang penting punya komitmen bisnis sembako. Tentunya, harganya tidak boleh naik,"jelasnya.

Menurutnya, selain beras contoh sembako lainnya ada gula dan daging. Jika di pasar harga daging Rp 120.000 per kilo, di rumah pangan harganya Rp 85.000 per kilo.

"Kendala kita sekarang yaitu belum ada perda tentang ketahanan pangan. Namun, saat ini tengah dibahas,"terangnya.

Rahmat mengatakan program cadangan pangan daerah peraturan pemerintahnya harus diatur dalam Perda, sebab jika pengadaan tanpa Perda bisa jadi temuan. (Fajar Sukma)

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB
X