Rumah Kreatif Tasikmalaya Dorong Industri UKM Melalui e-commerce

- Kamis, 2 Maret 2017 | 17:18 WIB
Rumah Kreatif Tasikmalaya. Fajar Sukma/AyoBandung
Rumah Kreatif Tasikmalaya. Fajar Sukma/AyoBandung

TASIK, AYOTASIK.COM -- Memiliki misi mulia, Rumah Kreatif Tasikmalaya bantu dorong industri UMKM melalui e-commerce. Tak hanya itu, sejumlah komunitas pemuda pun dirangkul dan dikembangkan potensinya.

Staf Pelatihan Rumah Kreatif Tasikmalaya Muhamad Billy Almalik mengatakan Rumah Kreatif Tasikmalaya ini dibangun oleh Kementrian BUMN tidak hanya di Tasik, tapi di semua daerah. Misinya untuk membantu para pelaku industri UKM di Indonesia.

"Untuk di Tasik ini, Rumah Kreatif Tasikmalaya di-support penuh oleh bank BRI," katanya kepada AyoTasik, Kamis (2/3/2017).

Ia menuturkan bulan Desember tahun lalu, Rumah Kreatif ini diresmikan serentak di 100 kota salah satunya Tasikmalaya. Artinya, Rumah Kreatif ini baru jalan beberapa bulan. Khusus di Tasik, cakupan wilayahnya meliputi priangan timur.

"Untuk saat ini belum semua UKM bergabung. Tercatat, baru UKM makanan olahan, anyaman mendong, payung geulis, kelom geulis, konveksi, batik dan lainnya,"tuturnya.

Billy mengatakan rumah kreatif menebar banyak manfaat baik untuk pelaku UKM, pelaku industri kreatif lain seperti musik dan sebagainya maupun masyarakat luas secara umum. Misalnya, dalam satu minggu ada dua kali sesi pelatihan e-commerce bagi UKM.

"Ternyata masih banyak UKM yang belum mengerti pemasaran secara online. Mereka masih banyak menggunakan metode tradisional. Oleh sebab itu, kami dorong melalui pelatihan e-commerce,"jelasnya.

Ia menyatakan produk industri kreatif di kota santri ini bisa dibilang paling banyak dan paling berkualitas. Bahkan, ternyata Kota Tasikmalaya ini jadi bahan percontohan industri kreatif di kota-kota lain. Buktinya, banyak kota-kota besar yang dipasok dari Kota Tasik.

"Melalui online, bisa jadi cakupan dan daya pasarnya lebih luas karena bisa diakses seluruh dunia. Dalam hal ini kami bekerjasama dengan belanja.com dan grosirbersama.com," jelasnya.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB
X