Dewan Dorong Optimalisasi Lumbung Pangan di Kota Tasik

- Rabu, 8 Maret 2017 | 17:04 WIB
Ilusrtasi pangan.(Antara)
Ilusrtasi pangan.(Antara)

TASIK, AYOTASIK.COM--Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya mendorong optimalisasi lumbung pangan sebagai wujud ketahanan pangan di kota itu.

Ketua Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya Ichwan Shafa mengatakan sebenarnya lumbung pangan itu sudah ada. Tinggal, Dinas Ketahanan Pangan  berkoordinasi dengan Dinas Pertanian. Sebab, data mengenai lumbung pangan di Kota Tasik sepertinya masih ada di Dinas Pertanian.

"Malah saya kira per kelurahan lumbung pangan itu sudah ada," katanya, Rabu (8/3/2017).

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tasikmalaya Rachmat Mahmuda mengatakan dorongan dari anggota dewan untuk mengoptimalkan dan menginventarisir lumbung pangan sangat baik.

"Gudang pangan ini dikelola di kecamatan. Sehingga, jika terjadi kerawanan pangan akan diatasi oleh camat yang bersangkutan," ujarnya.

Rachmat menuturkan selain gudang pangan, ada juga program rumah pangan yang bekerja sama dengan Bulog. Di sana akan dijual sembako di bawah harga pasar.

"Sebagai contoh, beras yang dipasar harganya sekitar Rp9.000 sampai Rp10.000, dijual Bulog sekitar Rp8.600 dengan kualitas medium," terangnya.

Rumah pangan ini bentuknya bisa koperasi, masyarakat atau gapoktan. Namun, yang penting punya komitmen bisnis sembako dan tentu harganya tidak boleh naik. (Fajar Sukma)

Editor: Adi Ginanjar

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB
X