Tutut Crispy Kekey yang Bermimpi Punya Istana Tutut!

- Kamis, 9 Maret 2017 | 15:38 WIB
Tutut Crispy Kekey, Tasikmalaya.
Tutut Crispy Kekey, Tasikmalaya.

TASIK, AYOTASIK.COM – Cara terbaik menikmati tutut biasanya begini : Anda akan menyedot lubang cangkangnya, kemudian daging tutut yang gurih akan masuk ke dalam mulut dan memberikan Anda kenikmatan tersediri. Butuh effort yang besar memang untuk menikmati sajian khas Sunda ini. Tapi tenang, kini ada tutut crispy yang bisa membantu Anda untuk tidak terlalu bekerja keras demi kenikmatan sebuah tutut.

Berangkat dari kecintaannya terhadap makanan olahan tutut, pengusaha kuliner di Tasikmalaya luncurkan camilan tradisional unik, tutut crispy. Tutut sendiri merupakan hewan air yang biasa hidup di pesawahan.

Pemilik Tutut Crispy Kekey, Femila Siti Ayu Sahara mengatakan, sudah tiga tahun lebih dirinya menggeluti usaha kuliner tutut. Meskipun sejak awal dirinya kerap menggunakan teknik konvensional dalam menghidangkan tutut. Selang beberapa waktu, dirinya mencoba terobosan baru dengan membuat makanan olahan kreatif, tutut yang digoreng dengan tepung hingga rasanya krenyes krenyes.

"Kan sebelumnya ayam crispy sudah ada, jamur crispy juga sudah ada. Nah saya coba membuat tutut crispy," katanya kepada AyoTasik, Kamis (9/3/2017).

Femi menuturkan bahwa percobaannya itu kerap kali mengalami kegagalan saat proses produksi. Hasil tekstur tututnya terasa keras. Namun, seiring berjalannya waktu, akhirnya proses produksi berjalan lancar bahkan bisa diterima dipasaran. Misalnya saja pengiriman Tutut Crispy Kekey ke Malaysia.

“Camilan tutut itu berbeda dengan yang lain,” ujar Femi. Sebab tutut memiliki nilai gizi yang tinggi. Sehingga baik untuk dikonsumsi.

Femi mengaku termotivasi untuk membuat inovasi hidangan kuliner tutut yang masih tradisional menjadi sesuatu yang punya nilai keunikan tersendiri. Dan hasilnya rupanya tidak mengecewakan.

Femi menyebutkan, dalam satu minggu pihaknya bisa memproduksi tutut hingga sekitar 80 kilogram. "Yang diambil tentu hanya dagingnya saja. Jadi, jika 15 kilogram tutut dengan cangkangnya, paling hanya 5 kilogram yang keambil dagingnya," jelasnya.

Ada empat varian rasa yang dihadirkan Tutut Crispy Kekey. Keju, balado, barbeque, dan jeruk original. Harganya sendiri ramah lho dengan saku. Untuk kemasan 75 gram, Anda hanya perlu mengeluarkan kocek Rp 10.000. Sedangkan yang 350 gram berharga Rp 45.000.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB
X