Pemkot Tasik Pacu Strategi Pertanian

- Jumat, 10 Maret 2017 | 14:19 WIB
Ilustrasi cabai. (Antara)
Ilustrasi cabai. (Antara)

TASIK, AYOTASIK.COM--Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya meluncurkan sejumlah strategi guna meningkatkan ekonomi petani.

Terutama dari sektor komoditas unggulan nasional seperti padi dan cabai.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya Abu Mansyur mengatakan upaya pemkot untuk mengembangkan produk unggulan pertanian dan perikanan mencakup berbagai aspek. Terutama mengenai komoditas unggulan nasional.

"Kita punya padi, jagung, kedelai, cabai merah, dan cabe rawit. Kita akan tingkatkan produksi dan produktivitasnya," katanya kepada AyoTasik, Jumat (10/3/2017).

Ia menuturkan untuk meningkatkan produksi padi, jagung, dan kedelai pihaknya akan melaksanakan Upsus Pajale. Selain itu, akan dilakukan juga Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (PLP2B).

"Mengingat melonjaknya harga cabai secara nasional, kita akan upayakan peningkatan produksi cabai merah dan rawit," tuturnya.

Menurutnya, dari segi sarana dan prasarana akan dibangun sumber-sumber air irigasi seperti dam parit, embung, sumur dalam, sumur dangkal, dan lainnya. Selain itu, akan diterapkan juga sistem teknologi pertanian seperti hydrophonik, screenhouse/greenhouse, dan sebagainya.

"Kami juga akan bantu dari segi alat dan mesinnya. Baik yang off farm maupun on farm," jelasnya.

Abu mengakui, ada sejumlah kendala yang sering dihadapi para petani. Sehingga, bisa berpotensi menggagalkan upaya produksi dan produktivitas hasil pertanian. Seperti misalnya, perubahan iklim dan cuaca yang tidak dapat diprediksi, alih fungsi lahan pertanian, kurangnya akses permodalan petani, dan lain-lain.

"Cara bertani pun masih tradisional. Belum mengarah pada pengembangan agribisnis. Itu jadi kendala juga," ucapnya.

Ia berharap, peran serta semua pihak terutama para pertani agar mampu bersinergi dengan pemerintah untuk meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian terutama komoditas unggulan nasional. (Fajar Sukma)

Editor: Adi Ginanjar

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB
X