Pemkot Tasik Dorong Pengembangan Budi Daya Ikan Nila & Gurame

- Senin, 13 Maret 2017 | 15:07 WIB
Ilustrasi budi daya ikan nila.(Antara)
Ilustrasi budi daya ikan nila.(Antara)

TASIK, AYOTASIK.COM--Pemerintah Kota Tasikmalaya mendorong pengembangan budi daya ikan unggulan seperti nila dan gurame untuk tahun anggaran 2017-2018.

Hal ini sebagai wujud pengembangan produk unggulan di sektor perikanan.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya Abu Mansyur mengatakan untuk pengembangan produk perikanan, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah strategi. Yakni, pengembangan sarana prasarana budidaya gurame, nila, mas, dan lele.

"Kita juga bantu sarana produksi budi daya. Sekaligus mengoptimalisasi peran UPTD BBI," katanya kepada AyoTasik, Senin (13/3/2017).

Ia menuturkan dari segi infrastruktur, rencananya akan dikembangkan sarana budi daya perikanan dan sarana perbenihan. Berikut juga penerapan teknologi perikanan. Baik yang on farm maupun off farm.

"Berdasarkan data 2016 yang lalu, produksi budi daya ikan nila mencapai 2.100 ekor. Sedangkan produksi benihnya mencapai 18.558 ekor," jelasnya.

Selain sarana dan prasarana, Abu mengaku pihaknya juga akan meningkatkan akses permodalan. Seperti misalnya penerapan asuransi pertanian, fasilitasi permodalan dari perbankan, kerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan, dan lainnya.

"Tahun lalu, produksi budi daya dan perbenihan ikan nila masih yang tertinggi angkanya," ucapnya.

Abu menyatakan pihaknya juga akan fokus mengembangkan sektor perikanan di kawasan minapolitan.

Caranya dengan meningkatkan sarana dan prasarana budi daya perikanan di kawasan minapolitan. Berikut juga penetapan dan sosialisasi kawasan minapolitan. (Fajar Sukma)

Editor: Adi Ginanjar

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB
X