Pemkot Tasik Siap Tingkatkan Produksi Salak Sakotas

- Senin, 13 Maret 2017 | 17:27 WIB
Ilustrasi salak.
Ilustrasi salak.

TASIK, AYOTASIK.COM -- Pemerintah Kota Tasikmalaya berupaya tingkatkan produksi salak sakotas tahun ini. Buah ini memang salah satu unggulan Holtikultura buah-buahan di Kota Tasikmalaya.

Berdasarkan catatan statistik pertanian dan perikanan sejak tahun 2012 hingga 2016 yang lalu, salak menempati posisi puncak daftar produksi buah-buahan di Tasik.

Sempat mengalami penurunan pada tahun 2015, tapi tahun 2016 kembali naik. Tercatat, sekitar 1.011,4 ton salak berhasil di produksi pada tahun 2016 lalu.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya, Abu Mansyur, mengatakan tahun ini pihaknya akan mengembangkan produksi salak sakotas. Areal salak akan diperluas. Selain itu, akan dilaksanakan rehabilitasi tanaman salak.

"Kita juga akan fokus pada pengolahan dan pemasarannya,"katanya kepada AyoTasik, Senin (13/3/2017).

Ia menuturkan kualitas SDM para petani pun harus ditingkatkan. Oleh sebab itu, pihaknya akan meningkatkan kualitas dan keterampilan tenaga penyuluh di lapangan. Selain itu, sarana dan prasarana penyuluhan pun akan ditingkatkan.

"Untuk petani, kami lakukan pembinaan, penilaian kelas, pemberdayaan petani, kelompok tani dan pokdan,"tuturnya.

Abu menerangkan untuk peningkatan pengolahan dan pemasaran hasil pertanian, pemkot akan memberikan bantuan sarana pengolahan dan pemasaran hasil pertanian.

"Selain salak, kami juga akan mengembangkan mendong dan beras hitam sebagai produk unggulan Tasik,"pungkasnya. (Fajar Sukma).

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB
X