Gunung Galunggung Primadona Wisata Tasikmalaya

- Selasa, 16 Oktober 2018 | 15:56 WIB
Wisata pemandian air panas di Gunung Galunggung, Kabupaten Tasikmalaya. (Hengky Sulaksono/ayotasik).
Wisata pemandian air panas di Gunung Galunggung, Kabupaten Tasikmalaya. (Hengky Sulaksono/ayotasik).

Selamat datang di Jawa Barat,

Informasi ini dipersembahkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Diparbud) Provinsi Jawa Barat.

Supported by: Ayo Media Network

GALUNGGUNG, AYOTASIK.COM--Gunung Galunggung merupakan salah satu objek pariwisata andalan di Kabupaten Tasikmalaya yang hingga saat ini masih menjadi primadona. Saban pengujung pekan atau masa libur panjang, objek wisata berhawa sejuk ini selalu jadi incaran para pelancong baik lokal maupun luar daerah.

Catatan Koordinator Objek Wisata Cipanas-Galunggung, Usep Ihrom, setiap hari saat pertengahan pekan Cipanas-Galunggung bisa dikunjungi hingga 150 pelancong. Rata-rata mereka yang berkunjung saban Senin-Jumat ini merupakan wisatawan keluarga.

Saat pengujung pekan, jumlahnya bisa meningkat hingga sepuluh kali lipat lantaran banyak pelancong yang berasal dari luar daerah berdatangan. Kebanyakan dari mereka menikmati pemandian air panas yang disediakan oleh pengelola. Sisanya, para pengunjung memilih aktivitas berkemah.

"Yang berkemah kalau pas weekend banyak juga dari luar Tasikmalaya. Kalau hari-hari biasa jarang ada yang berkemah, kecuali ada kegiatan dari sekolah-sekolah atau kelompok pecinta alam," jelas Usep kepada wartawan, Selasa (16/10/2018) siang.

Tingkat kunjungan ke Galunggung baru akan benar-benar ramai saat hari-hari libur perayaan atau kalender tanggal merah panjang. Saat-saat momen itu tiba, tiket kunjungan yang sanggup ditukar dengan pundi-pundi rupiah bisa mencapai 5.000 lembar setiap hari.

Tak ada data pasti soal tingkat kunjungan tahunan Objek Wisata Cipanas-Galunggung. Tapi, Usep mengatakan jumlah wisatawan yang berkunjung cenderung stagnan selama lima tahun terakhir. Sepanjang Januari-September 2018 tingkat kunjungan disebut mengalami penurunan. Usep tak mengetahui sebab pasti penyusutan tersebut.

Halaman:

Editor: Andri Ridwan Fauzi

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB
X