Perbaikan Jalan Rusak Sesuai Kategori Jalan

- Jumat, 15 Maret 2019 | 20:05 WIB
Anggota Komisi V DPR RI Hj. Nurhayati. (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)
Anggota Komisi V DPR RI Hj. Nurhayati. (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

MANGUNREJA, AYOTASIK.COM--Anggota Komisi V DPR RI Hj. Nurhayati mengatakan sebelum melakukan protes terhadap kondisi jalan rusak, masyarakat mengetahui terlebih dahulu ketegori jalan rusak tersebut. Ketegori jalan yakni jalan nasional, Provinsi, Kabupaten atau Desa.

Jika kerusakan terjadi di jalan Nasional, kewenangan perbaikan berada ditangan Pemerintah pusat. Demikian pula jika kerusakan terjadi di jalan Provinsi, kewenangan ada dibawah Pemerintah Provinsi.

AYO BACA : Rp220 Miliar Disiapkan untuk Jalan Rusak

\"Kalau statusnya jalan Kabupaten, ya Kewenangannya ada di Kabupaten. Ini harus diketahui oleh masyarakat,\" papar Nurhayati saat menghadiri pembukaan latihan potensi SAR water resque Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung, Jumat (15/3/2019).

Pemerintah pusat, lanjut Nurhayati, memiliki hambatan hambatan disaat ingin memperbaki jalan rusak di daerah. Yakni berbenturan dengan Undang-Undang Otonomi Daerah.

AYO BACA : 20 Tahun Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Inisiatif Tambal Jalan Rusak

\"Dengan Undang-Undang itu kita tidak bisa serta merta memperbaiki jalan di daerah, karena sudah diatur kewenangan dan kewajiban masing masing pemangku kebijakan,\" kata Politisi PPP tersebut.

Nurhayati melihat, adanya kerusakan jalan di daerah bukan merupakan pembiaran dari pemerintah daerah. Namun seringkali anggaran yang tersedia di daerah tidak memadai. Sehingga perbaikan jalan rusak tidak dilakukan.

\"Bukan pembiaran mungkin ya, karena saya yakin setiap kepala daerah ingin yang terbaik. Nah kalau berbicara anggaran bisa melakukan pengajuan Dana Alokasi Khusus bagi infratuktur dan itu bsa diberikan kepada daerah,\" pungkas Nurhayati.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB
X