BUMDes Harus Optimalkan Potensi Desa

- Kamis, 17 Oktober 2019 | 18:25 WIB
Kabag Pemdes Setda Kabupaten Tasikmalaya Nuraedidin. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)
Kabag Pemdes Setda Kabupaten Tasikmalaya Nuraedidin. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Pemerintahan desa (pemdes) kekinian bisa disebut sebagai ujung tombak pembangunan. Pasalnya, pemerintah pusat, provinsi, maupun daerah mengalokasikan anggaran langsung ke rekening pemdes untuk nantinya dimanfaatkan.

Kondisi itu, harus dimanfaatkan dengan baik oleh pemdes. Anggaran miliar rupiah tiap tahun berupa APBDes harus dialokasikan dengan baik untuk kepentingan masyarakat baik pada sektor pembangunan infrastruktur maupun pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) masyarakat.

Pemberdayaan masyarakat itu, salah satunya, bisa diwadahi melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Sesuai dengan amanat Permendes Nomor 4 tahun 2015, pemdes harus mendirikan Bumdes dengan tujuan meningkatkan perekonomian desa dan meningkatkan pendapatan masyarakat desa.

Kabag Pemdes Setda Kabupaten Tasikmalaya Nuraedidin mengatakan, hampir seluruh desa di Kabupaten Tasikmalaya sudah membentuk Bumdes dengan berbagai bidang usaha, mulai dari usaha jasa, perdagangan, hingga wisata.

"Namun kebanyakan, mereka membuka warung desa. Jadi kemanfaatannya kurang dirasakan masyarakat desa," kata Nuraedidin, Kamis (17/10/2019).

Berkaca pada desa di luar Kabupaten Tasikmalaya, Nuraedidin menyebut, Bumdes lebih bergerak melibatkan masyarakat luas, seperti pengelolaan objek wisata, dan pemanfaatan potensi desa seperti dalam bidang kuliner, kreasi seni, dan lainnya.

"Banyak kami menemukan yang pengelolaan dan pergerakan Bumdes-nya luar biasa. Bahkan bisa memberikan pemasukan ke pendapatan desa cukup besar," tambahnya.

Nuraedidin berharap, pemdes dan pengelola BUMdes untuk bisa menggali potensi wilayahnya dengan melibatkan masyarakat agar bisa berdaya dan bisa meningkatkan perekonomiannya.

"Jadi jangan hanya warung desa saja, ada banyak potensi yag bisa digali. Kami harapkan potensi itu bisa di eksplore untuk kemajuan masyarakat desa," pungkas Nuraedidin.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB
X