Sodetan dan Normalisasi Solusi Atasi Banjir Langganan di Sukaresik

- Senin, 17 Februari 2020 | 14:59 WIB
Warga Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya yang terkena banjir.
Warga Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya yang terkena banjir.

SUKARESIK, AYOTASIK.COM -- Sodetan sungai Citanduy dan Cikidang menjadi solusi dalam permasalahan banjir musiman yang kerap terjadi di Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya.

Selain itu, diperlukan juga normalisasi atau pengerusak pada aliran sungai Cikidang dan Citanduy, yang kondisinya kini telah mengalami pendangkalan akibat lumpur.

Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, Nuraedidin mengatakan, penanganan banjir di Sukaresik ini sudah dilakukan sejak 3 tahun ke belakang.

Salah satu upaya yang sudah dilakukan di antaranya membentengi sepanjang aliran sungai Cikidang dan Citanduy. Sehingga ketika volume air besar, tidak sampai meluap meluap dan masuk ke permukiman warga.

"Jadi kami menilai adanya titik petemuan aliran Citanduy dan Cikidang yakni aliran sungai Cihanjuang disana yang membuat aliran air tidak lancar. Sehingga diperlukan sodetan sungai agar air tidak langsung bertemu di satu titik, " papar Nuraedidin, Senin (17/2/2020).

Solusi itu, kata Nuraedidin, sudah disampaikan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). Pihaknya kini menghimbau, bagi masyarakat di Desa Tanjungsari agar lebih waspada saat terjadi intensitas hujan tinggi. Terlebih saat wilayah Guranteng Kecamatan Pageurageung yang menjadi hulu sungai Citanduy dilanda hujan lebat.

"Ketinggian banjir setinggi 30 cm. Akan tetapi situasi saat ini banjir mulai surut Dan warga mulai membersihkan kembali rumah-rumah mereka," jelas Nuraedidin.

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB

Terpopuler

X