Perda Lindungi Lahan Sawah di Tasik Sudah Ada, tapi...

- Senin, 3 Agustus 2020 | 19:29 WIB
Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tasikmalaya Muhammad Hakim Zaman. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)
Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tasikmalaya Muhammad Hakim Zaman. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Bertujuan melindungi area persawahan dan lahan produktif, DPRD Kabupaten Tasikmalaya menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (PLP2B) pada tahun 2017 lalu.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tasikmalaya Muhammad Hakim Zaman menuturkan, adanya Perda PLP2B itu sudah cukup untuk melindungi area persawahan atau lahan produktif beralih fungsi.

"Jadi tidak harus ada Perda Sawah Abadi, cukup dengan perda itu (PLP2B) semua sudah diatur di dalamnya," ucap Hakim Zaman, Senin (3/8/2020).

Namun dalam penerapannya, kata Hakim, pemerintah terkesan tidak serius dalam penerapan Perda PLP2B. Adapun langkah membuka lahan persawahan baru yang dilakukan oleh pemerintah bukan solusi dalam menjawab persoalan penyusutan lahan persawahan.

"Perda disahkan pada 2017 lalu, tapi sampai hari ini pemerintah daerah tidak konsisten menerapkan perda itu. Wajar ketika pengalihfungsian tanah atau sawah produktif terus berlangsung,” lanjut Hakim.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Tasikmalaya Idik Abdullah mengakui, tidak perlu adanya Perda Sawah Abadi di Kabupaten Tasikmalaya karena dalam melindungi persawahan dan lahan produktif sudah diatur dalam Perda PLP2B.

"Salah satu poinnya yakni keharusan mengganti tiga kali lipat luas lahan yang beralih fungsi. Kalau soal penerapan dan pengawasannya itu ranah Satpol PP sebagai penegak perda," ucap Idik.

Idik menambahkan, tingkat penyusutan lahan produktif di Kabupaten Tasikmalaya cukup tinggi. Pada 2019 saja, seluas 4.023 hektare dari 51.399 hektare telah beralih fungsi.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB
X