Jalan Rusak, Warga 2 Kampung di Tasik Merasa Belum Merdeka

- Selasa, 18 Agustus 2020 | 15:19 WIB
Sebuah kendaraan saat menghindari kubangan air di Jalan Raya Cibalanarik, Kecamatan Tanjungjaya, Kabupaten Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)
Sebuah kendaraan saat menghindari kubangan air di Jalan Raya Cibalanarik, Kecamatan Tanjungjaya, Kabupaten Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

TANJUNGJAYA, AYOTASIK.COM -- Warga Desa Cibalanarik, Kecamatan Tanjungjaya dan Warga Desa Linggasirna, Kecamatan Sariwangi seolah belum merasakan merdeka. Kondisi infrastruktur jalan di daerah tersebut masih rusak sehingga warga belum merasa menikmati fasilitas dari pemerintah sepenuhnya.

Pantauan Ayotasik.com di lapangan, jalan di Desa Cibanalarik mengalami kerusakan terbilang berat kurang lebih sejauh 1,3 kilometer. Jalan yang seharusnya beraspal justru dihiasi dengan bebatuan berbagai ukuran. Bahkan, jalan banyak berlubang dan tergenang air karena hujan terus mengguyur.

"Kalau kondisi kering, mirip aliran sungai yang tidak ada airnya, semuanya bebatuan dan berlubang," kata Aris (35), warga sekitar, Selasa, (18/8/2020).

Jalan yang sudah belasan tahun tidak diperbaiki itu, kata Aris, merupakan akses utama mobilitas warga yang hendak ke perkotaan Kabupaten Tasikmalaya dari arah selatan.

"Ini jalan hidup, tiap hari dilalui kendaraan. Bagi saya belum merdeka seutuhunya karena jalan masih dalam kondisi rusak," ucap Aris.

Kondisi yang sama terjadi di Jalan Linggasirna, Kecamatan Sariwangi. Bahkan, jalan yang mengghubungkan Kecamatan Sariwangi dan Leuwisari itu dalam kondisi rusak parah. Beberapa kali warga sekitar melakukan aksi demo dan simpatik dengan cara menanam pohon di jalan tidak mendapatkan respons dari pemerintah daerah.

"Lebih dari 15 tahun jalan ini tidak diperbaiki. Kita sudah lakukan upaya pengajuan perbaikan tapi belum ada hasil," ucap Teguh (33), warga sekutar.

Menanggapi kondisi itu, Kabid Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan dan Pemukiman Atep Dadi Sumardi menuturkan, jalan rusak di Desa Cibalanarik masuk dalam prioritas perbaikan tahun ini.

"Untuk Jalan Cibalanarik sudah masuk prioritas tahun ini, kalau untuk jalan di Desa Linggasirna kita akan upayakan lakukan perbaikan," ujar Atep. 

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB
X