Pemkab Tasik Belum Tentukan Anggaran Perbaikan Jalan Rusak Akibat Bencana

- Rabu, 14 Oktober 2020 | 18:39 WIB
Jalan rusak (Irpan/Ayotasik)
Jalan rusak (Irpan/Ayotasik)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melalui Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Permukiman (DPUTRPP) belum menghitung jumlah kerugian materi dari kerusakan sejumlah ruas jalan akibat bencana banjir dan longsor yang terjadi di 11 Kecamatan, Senin (12/10/2020) lalu.

Data terbaru dari DPUTRPP, ada 11 ruas jalan Kecamatan dan Kabupaten Tasikmalaya yang rusak. Ruas jalan ini diantaranya, Cibuntu-Puteran yang ruas jalannya terputus akibat longsor. Kemudian ruas jalan Bantarkalong-Pamijahan terendam banjir, ruas jalan Sindangreret-Cidadap terendam banjir, ruas jalan Cibalong-Derah ruas jalan terputus akibat longsor.

Kerusakan juga terjadi pada ruas jalan Derah-Simpang Urmi tertimpa longsor, Ruas jalan Sodonghilir-Derah tertimpa longsor mengakibatkan jalan terputus dan amblas. Ruas jalan Papayan-Cikalon, ruas jalan Manonjaya-Salopa tertimbun longsor, ruas jalan Deudeul-Sodonghilir tertimbun longsor, jalan raya Rancabakung-Bojongasih dan ruas jalan Batulawang – Cisempur.

“Belum, kita belum menghitung kerugian atau biaya yang dibutuhkan untuk perbaikan. Kita fokus pada penanganan dulu. Bagiamana akses jalan itu jangan sampai terputus, “ ucap Kabid Jalan dan Jembatan, Atep Dadi Sumardi, Rabu (14/10/2020).

Penanganan yang dilakukan untuk jalan yang terputus, lanjut Atep, diantaranya membuat tanggul agar bisa dilalui kendaraan. Hal itu dilakukan agar tidak ada masyarakat yang terisolir maupun menghambar mobilitas warga.

“Karena kalau berbicara kontruksi kita belum hitung. Karena itu harus direncanakan secara detail dan matang dan itu membutuhkan waktu. Tidak bisa kita tentukan asal, rusak langsung dihitung itu tidak bisa,“ ujar Atep.

Editor: Arditya Pramono

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB
X