Pergeseran Tanah di Cianteg Ditandai Retakan Belasan Tahun Silam

- Senin, 1 Maret 2021 | 15:10 WIB
Warga memperlihatkan salah satu rumah terdampak pergeseran tanah di Kampung Cianteg, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)
Warga memperlihatkan salah satu rumah terdampak pergeseran tanah di Kampung Cianteg, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

CIBALONG, AYOTASIK.COM -- Pergeseran tanah yang terjadi di Kampung Cianteg, Desa Setiawaras, Kecamatan Cibalong pada Minggu (28/2/2021) kemarin, mulanya ditandai dengan retakan tanah.

Menurut kepala desa setempat, Asep Gusnawan, retakan tanah yang juga indikasi dari kejadian pergeseran tanah itu sendiri sudah sejak belasan tahun silam.

Dilanjutkan Asep, retakan itu baru terlihat semakin membesar dalam beberapa bulan terakhir ini. Khususnya akibat intensitas hujan di wilayah Tasikmalaya.

AYO BACA: Cerita PSK Hamil 7 Bulan di Kota Tasik, Jajakan Diri Usai Bercerai
AYO BACA: Kenali 3 Tanda Hubungan LDR Bakal Segera Kandas

"Awalnya ada retakan, tapi semakin membesar dan parah sejak musim hujan beberapa bulan ini hingga akhirnya bergeser tanahnya," ujar Asep, Senin (1/3/2021).

Berdasarkan informasi yang pihak desa terima, kata Asep, kondisi tanah di wilayahnya berkategori tanah lempung. Jenis tanah ini sangat labil.

Asep menambahkan, lokasi pergeseran tanah saat ini sudah disterelisasi oleh kepolisian dan BPBD karena khawatir pergeseran tanah semakin parah.

"Untuk rumah warga yang hancur, sudah tidak terisi. Sudah mengungsi semuanya," ujar Asep.

AYO BACA: Sekda Update Kondisi Klaster Pesantren di Kota Tasikmalaya
AYO BACA: Inflasi Februari 2021 Dipicu Kenaikan Harga Cabai Rawit dan Ikan Segar

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB
X