Jalan Rusak Bekas Longsoran di Cibungur Akan Dibangun Tahun Ini

- Selasa, 18 Mei 2021 | 19:27 WIB
Jalan rusak dampak dari longsoran tebing di jalan Cibungur, Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)
Jalan rusak dampak dari longsoran tebing di jalan Cibungur, Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

PARUNGPONTENG, AYOTASIK.COM – Jalan rusak dampak dari longsoran tebing di jalan Cibungur, Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya sudah dilakukan pengecekan oleh petugas Bidang Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Perumahan Permukiman (DPU-TRPP) dua hari pasca longsoran terjadi pada Oktober 2020 lalu.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan, Atep Dadi Sumardi menuturkan, kondisi jalan yang menghubungkan Parungponteng – Derah – Sodonghilir tersebut memang mengalami rusak parah. Badan jalan tertutupi material longsor hingga kedalaman 2 Meter. Kondisi badan jalan pun rusak tergerus material longsor.

“Kita sudah lakukan pengecekan ke lapangan. Bahkan sudah kita buatkan Rencana Anggaran Biaya atau RAB. Tapi nilainya itu saya lupa, kisaran miliaran kalau untuk badan jalan dan jalannya," ucap Atep, Selasa 18 Mei 2021.

Setelah RAB dibuat, lanjut Atep, tinggal nantinya proses penganggaran di legislatif dan eksekutif. Ia pun berharap, perbaikan jalan tersebut bisa dilakukan tahun ini. Namun kembali melihat kondisi keuangan Pemkab Tasikmalaya mencukupi atau tidak.

“Keinginan kita tahun ini, tapi kan kembali ke kekuatan keuangan daerah. Kita juga coba akan ke Provinsi untuk anggaran perbaikan itu, “ kata Atep.

Kondisi jalan yang merupakan jalan alternatif menuju objek wisata religi Pamijahan itupun saat ini memprihantkan. Kendaraan dari dua arah harus rela bergeliran karena jalan hanya berupa tumpukan kayu-kayu yang dibuat warga.

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB
X