Polres Tasik Sediakan Rumah Ramah Anak, Akomodir Tempat Kasus Hukum Anak

- Jumat, 23 Juli 2021 | 18:15 WIB
Polres Tasikmalaya meresmikan rumah ramah anak sebagai Shelter perlindungan anak yang tengah menghadapi hukum. (Ayotasik.com/Irpan)
Polres Tasikmalaya meresmikan rumah ramah anak sebagai Shelter perlindungan anak yang tengah menghadapi hukum. (Ayotasik.com/Irpan)

MANGUNREJA, AYOTASIK.COM - Polres Tasikmalaya meresmikan rumah ramah anak sebagai Shelter perlindungan anak yang tengah menghadapi hukum. Peresmian rumah ramah anak ini bertepatan dengan momen hari anak nasional yang jatuh 23 Juli 2021.

Hadir dalam acara peresmian itu di antaranya Forum Anak Daerah, Dewan Masjid Indonesia (DMI), Kepala Dinas Sosial, FKUB, Sekretaris Daerah (Sekda) Muhammad Zen, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Apip Ipan Permadi serta tamu undangan lainnya.

Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP Hario Prasetyo Seno mengatakan meresmikan rumah ramah anak Polres Tasikmalaya yang diinisiasi oleh Kapolres yang mengangkat anak angkat Arul. Dari kasus Arul itulah, muncul ide atau gagasan untuk membangun rumah ramah anak.

"Selama ini, Arul tinggal di kantor Mako Polres Tasikmalaya, kita sudah ada tempat anak perlindungan anak yang terlibat pidana atau hukum. Kami siapkan tempat ramah anak, sebagai korban dan saksi," ujar Hario, Jumat 23 Juli 2021.

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kabupaten Tasikmalaya Ato Rinanto mengatakan selter ini sangat dibutuhkan oleh anak-anak yang berhadapan dengan hukum.

"Mudah-mudahan menjadi amal baik dengan peresmian rumah ramah anak ini. Ini sangat penting menjadi tempat bagi korban, pelaku maupuĀ  saksi pidana yang berkaitan dengan anak," ujar Ato.

Ato bersyukur dengan seluruh dukungan dari Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan Polres Tasikmalaya dan semua pihak terkait yang berupaya terus menjaga anak agar bangsa ini menjadi kuat.

"Hari ini kita yang menjaga anak, di masa akan datang kita yang dijaga oleh anak," ujar Ato.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen mengatakan rumah ramah anak ini merupakan tempat perlindungan anak yang sedang dan sempat menghadapi masalah hukum. Yang bisa membantu pemulihan secara mental dan psikologis anak.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB
X