Punya Riwayat Diabates? Ini Syarat Ikut Vaksinasi Covid-19

- Jumat, 30 Juli 2021 | 17:23 WIB
Plt Sekretaris Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya Atang Sumardi. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)
Plt Sekretaris Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya Atang Sumardi. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Pemerintah saat ini tengah gencar menggelar vaksinasi dengan menyasar berbagai lapisan masyarakat. Mulai dari aparatur negara, lansia dan remaja sudah banyak yang mengikuti program vaksinasi sebagai langkah pengendalian Covid-19. Namun, ada beberapa kekhawatiran ditengah masyarakat soal aman dan tidaknya vaksinasi Covid-19 terutama bagi mereka yang menderita penyakit diabetes dan jantung.

Ayotasik.com pun mencoba menjawab pertanyaan dan kekhawatiran itu kepada Plt Sekretaris Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya Atang Sumardi. Atang mengatakan, ada syarat yang harus dipenuhi penderita diabetes melitus saat akan divaksin.

Syaratnya yakni gula darah terkontrol dan HbA1c <7>

“Aman, bagi penderita diabetes aman untuk divaksin selama gula darahnya terkontrol. Tidak ada masalah jadi jangan khawatir," ucap Atang, Jumat 30 Juli 2021.

Atang menambahkan, sebelum dilakukan vaksinasi, petugas akan melakukan rekam medis kepada warga. Termasuk pengecekan gula darah bagi penderita diabetes. Namun biasanya, saat kadar gula tinggi antara 300-400 mg/dl lebih, vaksinasi akan ditunda.

“Jika gula darah terkontrol missal diangka 150-200 mg/dl dibantu dengan obat-obatan pengendali gula darah, bisa mendapatkan vaksin Covid-19," jelas Atang.

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB
X