Hujan Terus Menerus, 3 Rumah Warga di Kota Tasik Ambruk

- Senin, 2 Agustus 2021 | 16:25 WIB
Rumah warga di Kelurahan Cipari, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya ambruk akibat tak kuat menahan guyuran hujan yang terus menerus turun mengguyur wilayah Kota Tasikmalaya, Minggu, 1 Agustus 2021. (Ayotasik.com/Ist)
Rumah warga di Kelurahan Cipari, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya ambruk akibat tak kuat menahan guyuran hujan yang terus menerus turun mengguyur wilayah Kota Tasikmalaya, Minggu, 1 Agustus 2021. (Ayotasik.com/Ist)

MANGKUBUMI, AYOTASIK.COM -- Sepekan terakhir ini Kota Tasikmalaya diguyur hujan. Kendati intensitas hujan tidak begitu deras, tapi hujan terus turun baik siang maupun malam. Akibat hujan yang turun terus menerus hampir setiap hari, mneyebabkan 3 rumah warga di 3 kelurahan ambruk, Minggu, 1 Agustus 2021.

Kepala Seksi (Kasi) Penanganan Bencana (PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya Erim Yowanda mengatakan, dalam beberapa terakhir ini memang hujan terus menerus mengguyur wilayah Kota Tasikmalaya.

Erik menyebut, dari laporan yang masuk ke BPBD Kota Tasikmaya, sedikitnya ada 3 laporan bencana rumah warga ambruk akibat tidak kuat menahan guyuran hujan yang berlangsung hampir setiap hari. Ke 3 rumah warga yang ambruk berada di 3 kelurahan yang berbeda yakni Kelurahan Karikil dan Kelurahan Cipari, Kecamatan Mangkubumi, serta di Kelurahan Cilembang, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya.

"Dari 2 hari terakhir ini ada laporan dari relawan di lapangan ada rumah ambruk. Kita langsung melakukan assesment ke lapangan untuk mendata kerugian dan kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh warga yang rumahnya ambruk," ujar Erik, Senin, 2 Agustus 2021.

Menurutnya, berdasarkan hasil assesment di lapangan, rumah-rumah warga yang ambruk adalah bagian atapnya. Hal itu diduga lantaran material bangunan yang sudah lapuk sehingga tak kuat menahan guyuran air hujan yang turun terus menerus hampir setiap hari.

"Rumah yang ambruk rata-rata bagian atapnya," ucapnya.

Ia menuturkan, sejauh ini pihaknya sudah mendistribusikan bantuan untuk kebutuhan dasar berupa paket sembako dan terpal untuk menutup bagian atap rumah yang ambruk. Sementara itu, untuk bantuan lainnya seperti bantuan biaya stimulan perbaikan rumah akan diupayakan, karena memang saat ini untuk bantuan stimulan sedikit terhambat dan harus melalui proses di keuangan.

"Sampai saat ini kami juga masih melalukan assesment rumah ke 3 yang ambruk. Mudah-mudahan tidak ada lagi rumah warga yang ambruk," kata dia.

Cuaca Tasik Susah Diprediksi

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB
X